Pendaftaran Kelas Karyawan Universitas Terbuka

Mahasiswa UT, Pendaftaran Kelas Karyawan Universitas Terbuka – Universitas Terbuka (UT) secara kualitas tidak kalah inferior dibandingkan perguruan tinggi negeri lain. Akan tetapi, sistem pendidikan dan kegiatan perkuliahan yang dilangsungkan Universitas Terbuka sangat berbeda.

Memiliki konsep pendidikan terbuka untuk siapa saja dan di mana saja. Universitas Terbuka memiliki perbedaan seperti kurikulum pembelajaran, persyaratan bagi calon mahasiswa yang tidak dibatasi usia, tahun ijazah (tahun lulus), waktu registrasi yang di laksanakan dua kali dalam setahun, hingga syarat kelulusan dimana syarat kelulusan tanpa membuat skripsi alias bebas skripsi.

Perbedaan-perbedaan tersebut tentu sangat memudahkan bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya dengan mengambil kelas karyawan di Universitas Terbuka.

 

Cek Turnitin Jurnal Nasional

 

Pendaftaran Kelas Karyawan Universitas Terbuka

Pendaftaran Kelas Karyawan di UT dapat di lakukan secara daring melalui halaman https://admisi-sia.ut.ac.id/ atau datang langsung ke UPBJJ-UT —Baca selengkapnya di: Alamat Kampus Universitas Terbuka Se-Indonesia (Alamat UPBJJ-UT)— terdekat. Adapun persyaratan yang harus di siapkan antara lain:

  • Fotokopi Ijazah terakhir yang sudah dilegalisir (sebanyak 2 lembar)
  • Fotokopi KTP (diperbesar ukuran kertas A4/A5)
  • Materai 10.000 (2 buah)
  • Pas photo ukuran 3×4 & 4×6 berwarna (latar photo sesuai dengan tahun lahir: Tahun lahir Genap berwarna Biru & tahun lahir Ganjil berwarna Merah).

Selain persaratan di atas jangan lupa membawa dan menyiapkan 3 formulir berikut:

 

Jurusan atau Prodi Kuliah Universitas Terbuka

Universitas Terbuka memiliki 4 Fakultas: FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), FE (Fakultas Ekonomi), FHISIP (Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik) dan FST (Fakultas Sains dan Teknologi) yang mencangkup 34 prodi yang dapat dipilih calon mahasiswanya. —Baca selengkapnya di: Jurusan yang Ada di Universitas Terbuka— Prodi kuliah ini dapat diambil dengan menyesuaikan pilihan baik untuk alasan karir ataupun alasan pribadi.

 

Proses Perkuliahan Kelas Karyawan Universitas Terbuka

Proses perkuliahan di UT disebut dengan istilah tutorial. Tutorial ini di laksanakan baik secara daring atau online dan tatap muka, di sesuaikan dengan program perkuliahan yang dipilih oleh mahasiswanya. Tutorial Online atau Tuton UT di laksanakan di halaman http://elearning.ut.ac.id/ sedangkan kegiatan tutorial tatap muka pelaksanaannya di sesuaikan dengan pihak UPBJJ-UT tempat kita mendaftar.

Nah kegiatan Tuton UT inilah yang sangat membantu para mahasiswa yang telah bekerja untuk tetap berkuliah. Selain di laksanakan secara dari calon mahasiswa juga dapat menentukan kepadatan perkuliahanya dengan memilih mata kuliah apa saja yang akan diambil melalui program Non-Sipas.

—Baca selengkapnya di: Mengenal SIPAS dan Non-SIPAS di Universitas Terbuka

Pada program Non-Sipas ini mahasiswa dapat mengambil perkuliahan padat (mengambil beban MK 24 SKS) atau hanya mengambil 2-3 MK saja. Sehingga mahasiswa dapat menyesuaikan ingin kuliah cepat lulus atau benar-benar mencari ilmu dan fokus belajar dengan mengambil sedikit SKS tanpa mempengaruhi jam kerjanya.

 

Syarat Kelulusan Universitas Tebuka

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa berkuliah di Universitas Terbuka itu bebas Skripsi. Sebagai gantinya mahasiswa Universitas Terbuka diwajibkan mengikuti TAP (Tugas Akhir Program) dan menyusun karil atau karya ilmiah.

TAP bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara komprehensif dalam suatu bidang ilmu pada program studi jenjang D-IV dan S1. TAP adalah ujian tertulis yang mencangkup beberapa mata kuliah utama sesuai dengan prodi atau jurusan kuliah yang diambil. TAP ini dapat diambil jika mahasiswa telah memenuhi beberapa syarat wajib seperti jumlah SKS yang telah di tempuh, nilai minimum IPK telah tercapai.

Karil UT

Selain TAP, satu lagi yang menjadi syarat kelulusan di Universitas Terbuka adalah mahasiswa wajib membuat karil atau karya ilmiah. Dikutip dari unsoer.ac.id laman Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah.

Karya ilmiah ini berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah ini harus mengikuti sistematis penulisan yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Di UT sendiri sistematis penulisan karil bisa dibaca disini. Dalam proses penyusunan nya, mahasiswa dipandu oleh dosen melalui kegiatan Tuton di halaman http://elearning.ut.ac.id/

—Baca juga: Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT

Satu hal yang menjadi kunci kelulusan di Karil adalah karil yang kita kumpulkan harus karya asli dan original alias tidak plagiasi. Karena pihak Universitas Terbuka melakukan cek plagiasi melalui turnitin. Cek turnitin ini dilakukan untuk menjaga dan menjamin kualitas pendidikan dan lulusan Universitas Terbuka sendiri.

Sebelum diserahkan sebaiknya kita melakukan cek plagiasi terlebih dahulu melalui Jasa Cek Turnitin dan Jasa Parafrase dari Khairpedia. Selain membantu memeriksa skor plagiarisme karya tulis kita. Khairpedia juga membantu melakukan parafrase untuk menurukan nilai plagiasinya. Untuk menggunakan jasanya silahkan hubungi di nomor Whatsapp 0821-3608-1847

Leave a Reply

Your email address will not be published.