Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT

Mahasiswa UT, Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT – Bagi Mahasiswa UT membuat sebuah Karil adalah suatu ke harusan. Karena tidak membuat Skripsi sebagai syarat kelulusan, sebagai gantinya mahsiswa di wajibkan mengikuti TAP (Tugas Akhir Program) dan Karil atau Karya Ilmiah.

Apa itu Karya Ilmiah?

Karya ilmiah adalah tulisan yang memaparkan pendapat, hasil pengamatan, tinjauan, dan penelitian yang memfokuskan pada satu bidang tertentu yang disusun berdasarkan metode sistematika penulisan yang sudah di tentukan, dengan Bahasa yang santun, dimana isi dan kebenaran tulisanya dapat dipertanggungjawabkan.

Definisi karya ilmiah menurut Sudjiman dan Sugono (1991) adalah karya tulis dengan penyusunan berdasarkan kajian ilmiah.
Sedangkan menurut Suriasumantri (1995) dalam Finoza (2010), karya tulis ilmiah adalah tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan serta dikomunikasikan lewat bahasa tulisan yang baku dengan sistematis-metodis dan sintesis analitis.

Menurut Eko Susilo (1995) karya ilmiah adalah salah satu karangan atau tulisan yang didapat sesuai sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.

Menurut Dwiloka dan Riana, karya ilmiah atau artikel ilmiah merupakan karya seorang ilmuwan (pembangunan) yang hendak membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didapat melalui literatur, pengalaman, serta penelitian.

Pengertian karya tulis ilmiah menurut KBBI merupakan karya tulis yang dibuat menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dan berdasarkan fakta (observasi, eksperimen, dan kajian pustaka).

Pengertian karya tulis ilmiah menurut wikipedia adalah laporan tertulis diterbitkan yang mengungkapkan hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh seseorang atau tim dengan memenuhi kaidah serta etika keilmuan yang ditaati oleh masyarakat keilmuan.

 

Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT

Pahami ketentuan pembuatan karil di UT

UT memiliki ketentuan tersendiri dalam penyusunan karil mahasiswanya. Ketentuan ini mencangkup prinsip penyusunan, jumlah halaman yang di izinkan, ukuran kertas, ukuran spasi, ukuran dan jenis font, hingga penggunaan tabel yang di gunakan. Dengan memahami ini nantinya kita dapat menghemat waktu finishing artikel karena tidak perlu mengedit naskah Karil secara keseluruhan.

 

Pilih subjek penelitian yang dekat dan mudah di pelajari

Karena sebagian mahasiswa UT sudah bekerja, maka subjek penelitian dapat mencangkup permasalahan di lingkungan kerja serta solusi bagaimana menyelesaikannya.
Misal mahasiswa Teknologi Pendidikan membahas penerapan aplikasi xxx pada pembelajaran di masa pandemik. Tema ini sesuai karena satu mencangkup dunia pendidikan dan penerapan teknologi pada pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kompetensi mahasiswa Teknologi Pendidikan.

 

Kumpulkan referensi terbaik

Karena pada dasarnya karya ilmiah adalah suatu karya tulis yang harus dapat di pertanggung jawabkan isi dan kebenaranya. Maka kita di haruskan dapat menyampaikan gagasan kita yang di tunjang dengan berbagai referensi terkait yang dapat di percaya.

Adapun referensi yang dapat di gunakan dalam suatu karya ilmiah antara lain buku, jurnal, tesis dan karya ilmiah lain. Setelah memiliki berbagai referensi ini pastika kamu membaca dan memahami isi dari referensi tersebut.

 

Pilih metode penelitian yang mudah dilakukan

Ada banyak metode penelitian yang dapat di pilih untuk menyusun suatu karya ilmiah, dan salah satu metode penelitian termudah adalah kajian pustaka. Kajian pustaka adalah membaca berbagai sumber referensi kemudian menulis ulasanya di tulisanmu.

Metode lain yang dapat di pilih adalah metode observasi langsung seperti wawancara atau menyebar kuesioner.

 

Lulus Plagiasi

Ini adalah sarat utama kelulusan karil di Universitas Terbuka, yaitu lulus plagiasi dan aplikasi yang di pilih UT dalam memeriksa tulisannya adalah Turnitin. Turnitin sendiri adalah aplikasi pemeriksaan palgiarisme terbaik hingga saat ini dan telah di gunakan di berbagai universitas dan lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Sebelum di serahkan ada baiknya kita melakukan Cek turnitin terlebih dahulu melalui Jasa Cek Turnitin dan Jasa Parafrase dari Khairpedia. Selain membantu memeriksa skor plagiarisme karya tulis kita. Beliau juga membantu melakukan parafrase untuk menurukan skor plagiarisme nya. Untuk menggunakan jasanya silahkan hubungi di nomor Whatsapp 0821-3608-1847

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *