Jadi Penggagas, UT Gencarkan Pembelajaran Jarak Jauh

Mahasiswa UT, Jadi Penggagas, Universitas Terbuka Makin Gencarkan Pembelajaran Jarak Jauh – Membidik komunitas hingga menggelar ragam pelatihan berbasis digital untuk lebih dekat dengan masyarakat. Itulah upaya yang kini gencar dilakukan Universitas Terbuka Malang.

Kepala UPBJJ-UT Malang Dr Lilik Sulistyowati, MSi mengatakan kuliah di UT itu sangat fleksibel, bisa dilakukan sambil bekerja. Kuliahnya bisa dimana saja, tidak terbatas ruang dan waktu. Sebagai informasi, UT menjadi kampus pertama penggagas pembelajaran jarak jauh (PJJ). ”Kami terus gencar melakukan sosialisasi seputar program UT ke masyarakat,” ujarnya di sela kunjungan manajemen Radar Malang yang dipimpin General Manager Radar Malang Don Virgo.

Lilik menceritakan baru saja mengunjungi komunitas nelayan di Sendangbiru, Kabupaten Malang untuk memperkenalkan program kuliah UT. ”Kami terus proaktif melakukan sosialisasi program pendidikan jarak jauh untuk masyarakat. Nanti dibentuk kelompok belajar untuk memudahkan komunikasi selama proses pembelajaran,” kata dia.

UT Malang memiliki berbagai program pendidikan Diploma, S1, maupun Pascasarjana. Untuk program S1, ada Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Khusus program Pascasarjana, kata Lilik, ada program online dan reguler (tatap muka). Dalam skema online, hampir seluruh proses pembelajaran dilakukan secara online, tanpa tatap muka. ”Kecuali untuk bimbingan intensif penulisan tesis dan ujian sidang,” ujarnya.

Menurut Lilik, sebagai perguruan tinggi negeri, UT diatur ketentuan akademik yang menegakkan kaidah dan standar akademik. Bagi yang belajarnya terencana dengan baik, menyelesaikan studi di UT bukan hal sulit.

Sumber: Radar Malang – Jawa POS

Baca juga:   Banyak Terobosan, Alumni Universitas Terbuka Unggul Kualitas juga Kuantitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *