Kuliah di Universtitas Terbuka bagi Fresh Graduate

Mahasiswa UT, Kuliah di Universtitas Terbuka bagi Fresh Graduate – Ketika para siswa kelas 12 baru saja lulus sekolah, mereka berlomba-lomba mencari perguruan tinggi lewat berbagai jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dsb.

Kampus yang di pilih tentu saja kampus top Indonesia seperti ITB, UGM, UI, UNPAD, UNAIR dan lainnya. Tapi sayangnya tidak semua pendaftar bernasib munjur dan mendapatkan kampus impiannya.

Jika kamu salah satu yang bernasib kurang beruntung dan benar-benar ingin kuliah, tidak salahnya untuk memilih berkuliah di UT (Universitas Terbuka).

Beberapa alasan yang dapat dipertimbangkan untuk berkuliah di UT antara lain:

UT Universitas Negeri dan Berakreditasi

Karena bernama “terbuka” dan tidak mencantumkan “negeri” pada namanya banyak yang mengira bahwa UT adalah kampus swasta.

Walau bukan yang terbaik di Indonesia, kualitas Universitas Terbuka cukup bagus dengan menawarkan banyak jurusan dan fakultas yang beragam.

—Baca juga: Jurusan yang Ada di Universitas Terbuka

Mayoritas jurusan di Universitas Terbuka sudah berakreditasi A dan B.

Tidak cukup samapai disitu, Universitas Terbuka juga memiliki Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT juga mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS.

Kurang bagus apalagi coba? Tidak semua universitas di Indonesia mendapatkan akreditasi bertaraf internasional dan UT adalah salah satunya.

Biaya Terjangkau di bawah 3 Juta per Semester

Biaya kuliah di Universitas Terbuka sangan terjangkau, bahkan di UT tidak ada yang namanya uang pangkal.

Biaya kuliahnya sendiri bervariasi tergantung jurusan dan sistem pembelajaran yang kamu pilih.

Secara umum, UT menawarkan tiga sistem pembelajaran untuk mahasiswanya, yaitu:

Tuton atau Tutorial Online, belajar atau kuliah secara online melalui e-learning yaitu suatu sistem belajar yang dimiliki dan dikembangkan oleh UT.

TTM atau Tutorial Tatap Muka, belajar atau kuliah secara tatap muka bertemu dengan dosen dan teman di kelas seperti biasa. Biasanya perkuliahan jenis ini diadakan di setiap UPBJJ.

Tuweb atau Tutorial Webinar, kuliah online via zoom atau Microsoft Terms. Selain itu UT juga mempunyai forum belajar sendiri yang dapat diakases di lms.ut.ac.id

Jika dihitung-hitung, kita tidak akan membayar lebih dari Rp 3 juta tiap semesternya jika kuliah di UT.

Dan biaya tersebut dikeluarkan tanpa beasiswa ya, Jika kamu cukup beruntung mendapatkan beasiswa bukan tidak mungkin biaya yang dikeluarkan nantinya akan kurang dari Rp1 juta.

Daftarnya Mudah

Daftar kuliah di Universtitas Terbuka itu sangat mudah, tanpa syarat minimal nilai maupus minimal umur.

Siapapun itu, selama sudah memiliki ijazah setara SMA bisa daftar UT dan auto di ACC karena tidak ada proses seleksi di dalamnya.

Simpelnya, daftar, verifikasi, auto jadi mahasiswa baru. Pendaftaran sendiri, dapat dilakuakan secara online dan tanpa harus datang ke kampus.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pegawai sekolah yang mendaftarkan siswanya, cukup dengan Surat Keterangan Lulus saja bisa masuk dan diikutsertakan dalam dokumen pendaftaran.

Keunikan lain dari UT dibanding dengan kampus lainnya adalah UT membuka pendaftaran dua kali dalam setahun. Jika kamu yang belum sempat mendaftar di tahun 2022, bisa kok mendaftar di awal 2023 atau pertengahan 2023.

Semua Bisa Kuliah

Semua bisa kuliah, itu adalah salah satu visi Universitas Terbuka.

Tanpa memandang nilai, usia, ataupun tempat tinggalnya UT siap memberikan layanan pendidikannya. Jangankan yang baru lulus SMA, bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah berusia tua pun juga bisa kuliah di UT.

Tidak ada batasan di UT. Asalkan seseorang sudah lulus SMA/SMK sederajat, dan memiliki keinginan untuk kuliah silakan daftar di UT.

Memang, tujuan utama didirikannya UT adalah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siapapun itu untuk bisa berkualitas tanpa batasan umur dan kemampuan. UT juga mempersilakan penyandang disabilitas menjadi mahasiswa.

Kuliah Bisa Dimana Saja

Kampus pusat Universitas Terbuka berada di Pondok Cabe, Tanggerang. Tapi kamu tidak perlu jauh-jauh kesana untuk berkuliah di UT.

Sebab, UT memiliki banyak cabang seperti UPBJJ, Pokjar dan SALUT yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Tidak hanya itu UT sendiri memiliki pelayanan bagi mahasiswa yang berada di luar negeri.

Baca juga: Alamat Kampus Universitas Terbuka Se-Indonesia (Alamat UPBJJ-UT)

Baca juga: Mengenal UPBJJ, SALUT, dan Pokjar dalam Linkungan Pendidikan Universitas Terbuka

Jadi, kalau kamu tinggal di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Papua sekalipun tidak perlu pergi jauh dari daerahmu dan yang di luar negeri tidak harus pulang ke tanah air.

Sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, UT menawarkan pembelajaran tutorial online sehingga kamu bisa kuliah darimana saja.

Mau kuliah tatap muka supaya bisa ketemu dosen dan teman-teman? Bisa kok, tinggal ajukan saja kepada pihak UPBJJ terdekat.

Memang kalau kuliah di UT kamu dituntut untuk mandiri, apalagi jika mengambil tutorial online. Interaksi dengan dosen mungkin sedikit terbatas.

***

Untuk para fresh graduate, nggak ada salahnya kuliah di Universitas Terbuka kalau kamu memang benar-benar mau kuliah. Bukan pilihan buruk untuk masuk ke perguruan tinggi yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.