Mengenal TAP, PKP dan Karya Ilmiah di UT

Mahasiswa UT, Mengenal TAP, PKP dan Karya Ilmiah di UT – Hallo gaes, share and sharing lagi seputar UT kuyy..
Kali ini bagaimana kalau kita bahas perihal TAP, PKP dan Karya Ilmiah di UT bareng para Alumni dan Mahasiswa UT, gimana ya pendapat mereka? Yuuk kepoin, berikut saya jabarkan secara singkat pendapat dari beberapa sumber.
Di Universitas Terbuka itu ada 2 program, pertama program Pendidikan Dasar (Pendas) dan kedua yaitu program Non Pendidikan Dasar termasuk (Non-Pendas) yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) sedangkan program Pendas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Hayo jadi fakultas anda termasuk yang mana?

Nah karena kali ini kita bahas TAP, PKP dan Karya Ilmiah jd kita fokuskan ke 3 hal tersebut ya,

Apa itu TAP?

TAP atau singkatan dari Tugas Akhir Program bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara komprehensif dalam suatu bidang ilmu pada program studi jenjang D-IV dan S1. Materi TAP mencakup materi mata kuliah pendukung TAP dari setiap program studi.
Daftar mata kuliah pendukung TAP dapat dilihat pada Katalog Kurikulum atau pada Bab Program Akademik bagi program S1 PGSD dan PGPAUD. (Sumber : https://www.ut.ac.id/…/pendaftaran-tugas-akhir-program-tap)

Apa itu PKP?

PKP adalah mata kuliah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa FKIP program sarjana untuk berlatih menentukan dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran/kegiatan pengembangan secara sistematis yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PKP merupakan muara dari program Sarjana FKIP-UT (khususnya prodi S1 PGSD dan S1 PGPAUD).
Pembimbingan PKM dan PKP dilakukan secara bersamaan oleh dua orang Supervisor, yaitu Supervisor 1 yang melaksanakan pembimbingan di kelas tutorial, dan Supervisor 2 yang melaksanakan pembimbingan di sekolah/kelas tempat mahasiswa mengajar.

Apa itu Karya Ilmiah?

Karya ilmiah merupakan laporan yang berisi hasil penelitian atau bisa juga hasil kajian yang telah kalian lakukan sebagai seorang mahasiswa dengan memenuhi kaidah serta keilmuan yang berlaku.
Jadi secara garis besar, karil itu bisa dibilang merupakan laporan hasil penelitian berdasarkan program studi masing-masing jurusan. Kunci karil UT itu sebenarnya simple banget kok, jangan plagiat. (Sumber : http://semogaipkcumlaude.blogspot.com/…/kupas-tuntas…)
Nahhh karena UT itu super baik sama mahasiswa nya semua ada bimbingannya lho yaitu dari Tuton yang kita ikuti di website elearning.ut.ac.id, kebetulan saya pribadi sudah mengikuti TAP dan Karil UT, menurut saya pembimbingan oleh Tutor di Tuton itu luar biasa menarik dan dapat dipahami namun tidak tahu nih menurut para alumni ataupun mahasiswa lain.

Gimana sih proses ujian TAP di UT?

Ujian TAP di UT itu bisa di kantor UPBJJ tempat registrasi maupun mitra UPBJJ contoh disekolah-sekolah yang sudah ditentukan oleh pihak UPBJJ setempat.

Soal-soal TAP itu seperti apa?

Soal-soal TAP itu berbentuk essay analisis (ini pengalaman saya pribadi), soalnya sedikit bisa sampai 4 soal saja namun isiannya banyak. Ya namanya juga essay analisis, bentukan seperti ini adalah soal yang jawabannya bersumber dari modul kemudian disisipkan argumentasi pribadi.
Jadi enggak seolah-olah hanya mengandalkan copy paste dari modul saja tapi dijabarkan dengan pendapat pribadi. Selain itu di UT tidak semua program studi TAP nya open book ya, ada beberapa prodi yang justru harus close book. Ya pokoknya intinya wajib belajar. Jangan pernah menganggap yang open book itu soalnya gampang, lho orang kita harus khantam matkul-matkul apa saja yang menjadi matkul pendukung TAP lalu dipelajari lah itu modul sampai hapal halaman dan materi yang dibahasnya.

Apa saja matkul-matkul pendudung TAP?

Silahkan dibaca katalog UT dan disana ada matkul-matkul pendukung TAP sesuai program studi masing-masing, rata-rata sekitar 4 matakuliah.
Gimana bisa tau apakah program studi yang diambil TAP nya close book atau open book?
Yuuk nanya sama para alumni atau pun teman-teman kalian, bisa juga nanya ke Kaprodi, ke Staff UT dll.. ayok mulai mandiri dan cari tahu informasi hal tersebut sebanyak-banyaknya agar kalian betul-betul paham bagaimana caranya mempersiapkan ujian TAP dengan baik. Jangan jadi mahasiswa yang pasif untuk bertanya ya.

Apa yang mesti dipersiapkan saat ujian TAP?

BMP/modul (untuk program studi yang open book), Kalkulator (untuk program studi yang diizinkan), kartu pengenal (KTM), password ujian TAP (download di sia.ut.ac.id pilih menu password ujian UO), dan alat tulis. Dan saat ujian TAP berpakaian yang rapih dan sopan.
Lembar jawaban untuk jawaban ujian TAP yaitu diberikan oleh pihak UPBJJ berjenis kertas Portofolio ataupun HVS kosong yang ada stempel UT nya. Lalu nanti di scan oleh pihak UPBJJ mangkanya kenapa jawaban TAP harus ditulis rapih. Oh iya ujian TAP jawabannya tulis tangan ya gaes.

Lalu untuk PKP seperti apa?

Penulisan PKP itu menurut beberapa rekan admin yang sudah melaksanakan yaitu penulisan bisa 10, 15 bahkan ada yang 20 lembar. Sumber acuannya darimana?
Bisa dari jurnal resmi yang ada di website atau kantor-kantor yang di tuju sesuai program studi masing-masing. Karena saya pribadi belum pernah membuat PKP jadi teman-teman bisa baca-baca di website berikut biar lebih paham (https://mahasiswa.ut.ac.id/…/lamp._ii_juknis_praktik… )

Setelah menyelesaikan PKP, diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin mantap

Baca juga:   Mengenal SIPAS dan Non-SIPAS di Universitas Terbuka

—Baca juga: Contoh Laporan PKP PGSD UT (Universitas Terbuka)

Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara lebih khusus, setelah melaksanakan PKP mahasiswa diharapkan mampu :

a. Menemukan kelemahan/permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi;
b. Menemukan alternatif solusi untuk memperbaiki kelemahan dan atau meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK;
c. Mempertanggungjawabkan keputusan/tindak perbaikan pembelajaran yang dilakukan secara ilmiah, yang dapat disampaikan secara tulisan.
Manfaat lain yang akan diperoleh mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah PKP adalah dapat menggunakan laporan PKP sebagai karya ilmiah yang diajukan untuk kenaikan pangkat sebagai seorang guru.
Selanjutnya, dengan mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata kuliah PKP dengan baik, mahasiswa akan lebih menguasai konsep dan kaidah PTK serta dapat menjadikannya sebagai kerangka berpikir untuk memperbaiki pembelajaran dii kelasnya, di samping mahasiswa akan lebih mantap dalam mengelola pembelajaran dengan melakukan latihan terbimbing untuk memperbaiki
Pembelajaran di kelas yang dilakukan berulang kali. Dampak pengiring yang akan diperoleh mahasiswa melalui proses refleksi yang dilalui dengan merenung dan berdiskusi dengan teman sejawat adalah meningkatnya kepekaan terhadap lingkungan pembelajaran yang dihadapi sehari-hari.
Selain itu, dengan diberi tugas membuat laporan yang bersifat ilmiah, keterampilan membaca dan menulis mahasiswa akan makin terasah. (Sumber : www.ut.ac.id search Petunjuk Teknis Laporan PKP).

Dimana website unggah PKP?

PKP biasanya di unggah di website : https://praktik.ut.ac.id
Yang terakhir yaitu Karya Ilmiah, gimana sih para alumni lolos plagiasi saat unggah karya ilmiah?
Yaitu buat karya sendiri, tidak copy paste dari website ataupun jurnal jadi karya yang ditulis ya hasil pemikiran sendiri alias penelitian sendiri bisa diambil dari data kualitatif maupun kuantitatif untuk non pendas. Untuk Pendas bisa diambil dari hasil PKP sendiri.

Apakah para Alumni sebelum mengumpulkan hasil Karya Ilmiah selalu cek plagiasi dulu?

Sebagian dari mereka menjawab iya, melalui turnitin ataupun website pengecekan plagiasi lainnya contohnya, https://plagiarismdetector.net.

Dimana website unggah karya ilmiah?

Yaitu, karil.ut.ac.id

Berapa banyak Karya Ilmiah yang ditulis?

Bisa 7-12 halaman atau sesuai dengan ketentuan UT yang berlaku. (Baca acuan penulisan Karya Ilmiah UT ya)
Untuk lebih lengkap teman-teman bisa baca website berikut,
Contoh karya ilmiah dapat dilihat pada website Universitas Terbuka dengan alamat : http://www.lppm.ut.ac.id/index.php?option=com_content… Karya Ilmiah bisa lolos plagiasi apabila, 80 persen unik dan 20 persen plagiasi. Jadi pastikan Karya Ilmiah yang teman-teman buat adalah Karya hasil pemikiran sendiri.

Untuk jadwal TAP kapan pelaksanaan nya?

Teman-teman bisa cek jadwal TAP perUPBJJ di sosial media maupun website resminya.

Untuk jadwal PKP dan Karya Ilmiah kapan pelaksanaan nya?

Teman-teman bisa cek ketentuan jadwalnya di kalender akademik yang berlaku di UT.

Beberapa pendapat para mahasiswa UT perihal TAP, PKP dan Karil itu seperti apa?

Berikut jawaban mereka :
Menurut Kak Ayu Devi Mahasiswa Prodi Manajemen : “Karil adalah syarat kelulusan, jika memungkinkan wajib mengerjakan Karil, karena meskipun hanya 20%, tetapi itu membantu dalam mendapatkan nilai A. Tapi kalau misalnya TAP nya lolos dan Karilnya tidak lolos, maka tetap dianggap lulus. Kalau Karil lulus tetapi TAP tidak lulus, wajib mengulang.”
Menurut Kak Tristan Mahasiswa Prodi SI : “TAP lulus dan karil lulus mah okay, TAP lulus dan karil ga lulus, TAPnya lulus dan karilnya ga perlu diulang. TAP ga lulus dan karil lulus, karilnya ga perlu diulang, tapi TAP harus diulang. TAP ga lulus dan karil ga lulus, ya ini namanya gak lulus.”
Menurut Kak Handayani Mahasiswa Prodi PGPAUD : “Dari PKP kita kecil kan lagi jadi isi karil. Jadi Karil itu dari hasil laporan PKP. Semester 8 ada PKP dan KARIL. TAP disemester 9.”
Menurut Kak Iwan Mahasiswa Prodi Perpajakan : “Di program D3 Perpajakan itu enggk ada TAP dan Karil jadi hanya membuat laporan PKP saja. Bisa di semester 6. Referensi penulisan laporan PKP melalui website resmi Pajak maupun jurnal resmi lain. Atau bisa virtual maupun by email dg kantor pajak, dispenda, maupun bappeda, yg berhubungan dengan pajak.”
Menurut Kak Nopri Mahasiswa Prodi PGSD : “Karil Ringkasan dari PKP yang mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan UT atau kalau dari Istilah Penulisan Skripsi dan Tesis, Karil di sebut Jurnal dari Skripsi dan Tesis tersebut. Karil sama dengan Jurnal.”
Menurut Kak Arief Prodi Manajemen : “Kenapa klo Karya Ilmiah hasil buatan seorang joki selalu lolos plagiasi? Karena mereka tau triknya yaitu hindari copas dari website jurnal-jurnal. Jadi Triknya buat karya sendiri jangan copas.”
Dan menurut saya pribadi, di UT itu mudah asal mau mencari informasi sebanyak-banyaknya, membuat relasi pertemanan sebanyak mungkin. Agar informasi, wawasan, dan cara berpikir kita maju kedepan. Yuuk jadi mahasiswa UT yang sukses dan membanggakan.
Selamat berjuang, semoga bermanfaat dan semoga sukses sampai menyandang gelar sarjana ya gaes.
Salam Hangat,
Kak Mega Alumni UT Fakultas Sains dan Teknologi
***
Baca tulisan asli di sini…

3 thoughts on “Mengenal TAP, PKP dan Karya Ilmiah di UT

    1. maaf saya tidak tahu, saya juga termasuk kesulitan mencari contoh karil ut yang telah rilis sebelumnya… rata-rata karil yg saya publikasikan di sini hasil upload mahasiswanya sendiri di scribs

  1. Saya berharap blog ini dapat membantu saya dan semua mahasiswa UT memahamibeda antara TAP, PKP, dan karya ilmiah. topik yang sangat penting dan membantu saya dalam mengevaluasi kegiatanilmiah saya. Terima kasih untuk sharing informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *