Jurusan Pendidikan Geografi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Pendidikan Geografi

Program studi Pendidikan Geografi mempelajari ilmu bumi beserta kehidupan yang ada di dalamnya. Geografi meliputi keadaan dan segala gejala yang terjadi di fisik bumi yang terbagi dalam atmosfer, lithosfer, dan hidrosfer, serta hubungan timbal-balik manusia dengan alam. Yang menjadi pembeda di prodi Pendidikan Geografi adalah materi pendidikannya. Jadi, tidak hanya mempelajari ilmu Geografi, tapi juga teori kependidikan yang meliputi metode pembelajaran geografi, manajemen pendidikan, dan evaluasi pembelajaran geografi. Lebih jelasnya, di prodi ini akan dipelajari bagaimana mengolah data geosfer dalam bentuk peta manual dan dijital untuk pembelajaran di sekolah. Juga akan dipelajari tentang kaitan antara aspek fisik dan sosial untuk menentukan keunikan suatu lokasi/wilayah.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Pendidikan Geografi

Program studi ini cocok banget untuk kamu yang memiliki passion untuk mengajar. Apalagi kalau kamu suka banget sama ilmu bumi. Sebuah penelitian juga menyatakan kalau Indonesia masih kekurangan sarjana dan ahli di bidang geografi. Ini tentu saja ada korelasinya dengan kurangnya jumlah guru atau pengajar geografi di Indonesia.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Pendidikan Geografi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Geografi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Geografi

Lulusan prodi Pendidikan Geografi akan memeroleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan dapat menjadi guru atau pengajar matapelajaran Geografi di SMP dan SMA. Dengan bekal kewirausahaan yang ditanamkan di bangku kuliah juga memungkinkan lulusan Pendidikan Geografi mendirikan wirausaha yang bergerak di bidang pendidikan, seperti bimbel atau les privat untuk mata pelajaran ini.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Apoteker

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Pendidikan Geografi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *