Jurusan Ilmu Perpustakaan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Pada program studi ini kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi.

Pada prodi ini mahasiswanya dilatih dalam melakukan pengelolaan arsip dan rekod. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi, serta memiliki kompetensi khusus dalam pengelolaan sumber-sumber primer ilmu pengetahuan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jika kamu memiliki kesenangan terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan, program studi ini mungkin akan menarik untuk kamu. Apabila kamu ingin menekuni bidang ini, sebaiknya kamu mempunyai dasar di bidang informasi teknologi. Selain itu dibutuhkan juga ketelitian dan kerapian dalam mengelola data.

Jurusan ini akan mengajarkan Anda mengenai etika kepustakaan, dimana daya analisa Anda juga akan dilatih.

Jurusan ini akan menjadikan kita pustakawan yang kompeten dan membekali kita dengan keterampilan mengelola, mengorganisasi sumber-sumber informasi, dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dan terlebih apabila kamu menyenangi bidang pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi, baik manual maupun digital, jurusan ini akan sangat membantu kamu untuk menjadi konsultan informasi atau konsultan perpustakaan yang kompeten.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selain itu, jurusan ini akan melatih kamu mengenai ilmu keperpustakaan dan mendorong kamu untuk mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Ilmu Perpustakaan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran TIK, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Para lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan negeri, swasta maupun institusi. Mereka akan mengelola, merapikan dan mengevaluasi data dan literatur.

Selain sebagai pustakawan, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di museum dan gedung pengarsipan data. Disini, mereka akan mengumpulkan, mengkategorikan dan menyuguhkan data-data bagi pengunjung museum, ataupun bagi yang membutuhkan.

Pada umumnya para lulusan dari jurusan ini mempunyai kemampuan analisa dan bisa menggunakan teknologi informasi dengan baik, karena itu mereka juga bisa diterima bekerja di bidang Informasi Teknologi, Finansial maupun Penganalisa Data.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Perpustakaan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *