Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prodi Kesehatan Masyarakat mempelajari ilmu tentang peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat dengan cara melakukan pengorganisasian di masyarakat. Jadi, di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis ditambah dengan ilmu sosial.

Kamu akan belajar bagaimana menghitung besaran distribusi penyakit di suatu wilayah, menghitung kondisi kesehatan secara kuantitatif, menganalisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, dan faktor kesehatan dan keselamatan kerja.

Disini juga akan dipelajari ilmu gizi, manajemen dan administrasi kebijakan kesehatan, serta melakukan penyuluhan kesehatan. Berikut 10 universitas dengan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi A.

  1. Universitas Airlangga
  2. Universitas Negeri Semarang
  3. Universitas Andalas
  4. Universitas Sumatera Utara
  5. Universitas Diponegoro
  6. Universitas Indonesia
  7. Universitas Hasanuddin
  8. Universitas Dian Nuswantoro
  9. Universitas Muhammadiyah Semarang
  10. Universitas Muhammadiyah Aceh

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

Apabila kamu punya kepedulian besar terhadap perkembangan kesehatan di Indonesia, maka prodi ini sangat cocok buat kamu. Kamu akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kesehatan, tak hanya teori tapi juga tentang praktek-praktek mewujudkan kesehatan.

Dengan memilih jurusan ini, kamu tidak perlu takut apa yang kamu pelajari akan sia-sia belaka. Ilmu Kesehatan Masyarakat masih sangat dibutuhkan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Kesehatan Masyarakat cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja bagi lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat tidak hanya di Puskesmas. Berbagai industri dan organisasi swasta juga membutuhkan ahli kesehatan masyarakat. Misalnya, dalam bidang Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) di perusahaan minyak dan gas, manufaktur, dan lain-lain.

Jenjang kariernya pun cukup bervariasi, gaji yang ditawarkan juga sangat menjanjikan.

Namun, besaran gajinya tetap mempertimbangkan area tempat bekerja, posisi pekerjaan, serta kemampuan dan pengalaman yang dimiliki seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Dilansir dari berbagai sumber berikut, prospek kerja dan gaji lulusan kesehatam masyarakat.

Administrator kesehatan

Prospek kerja kesehatan masyarakat bisa bekerja sebagai bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintah.

Sebagai mahasiswa lulusan kesehatan masyarakat pastinya tidak hanya berkutat dengan obat-obatan saja. Namun juga akan mengurus semua hal tentang makanan, minuman, hingga kosmetik. Misalnya beberapa makanan yang ternyata mengandung bahan kimia dan zat terlarang lain yang bisa diketahui oleh ahlinya saja.

Gaji untuk level staf posisi ini bervariasi bergantung tempatnya bekerja. Rata-rata administrator kesehatan mendapatkan Rp48 Juta per tahun.

Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 atau HSE) adalah tenaga teknis yang berperan dalam mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan, serta mengidentifikasi bahaya yang mungkin atau telah terjadi.

Hampir semua industri dan organisasi swasta juga membutuhkan ahli kesehatan masyarakat. Misalnya, dalam bidang Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) di perusahaan minyak dan gas, manufaktur, dan lain-lain.

Gaji yang didapatkan seorang ahli K3 untuk level officer sekitar Rp120 Juta per tahun, dan bisa lebih tinggi untuk level manajer.

Promotor kesehatan

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang banyak tersedia adalah promotor kesehatan atau promkes. Promotor kesehatan bertugas menyediakan dan mengelola program pendidikan kesehatan yang membantu individu, keluarga, dan komunitas dalam memaksimalkan dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Baca juga:   Jurusan Teknologi Hasil Ternak

Anda juga akan diminta untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat sebelum melakukan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program yang dirancang untuk mendorong gaya hidup sehat, kebijakan, dan lingkungan. Dapat berfungsi sebagai sumber daya untuk membantu individu, pekerja kesehatan lainnya, atau masyarakat, dan dapat mengelola sumber daya fiskal untuk program pendidikan kesehatan.

Di Indonesia, penyuluh kesehatan masyarakat untuk pemerintah merupakan PNS di bawah Kementerian Kesehatan. Gaji seorang promotor kesehatan terbilang cukup baik, mulai dari Rp36 Juta pertahun atau lebih bergantung pada perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.

Epidemiolog

Dalam bidang kesehatan, epidemiolog mempunyai peranan yang cukup besar terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Meski teknologi kedokteran telah mengalami kemajuan pesat, tetapi masih banyak faktor penyebab penyakit yang belum terungkap terutama penyakit-penyakit kronis, dan penyakit yang belum pernah terjadi atau penyakit baru seperti wabah Covid-19. Dalam hal demikian, pendekatan epidemiologi merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk mengungkapkan penyebabnya.

Epidemiolog memperoleh gaji rata-rata lebih dari Rp120 Juta per tahun, mengutip SalaryExpert.

 

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Kesehatan Masyarakat. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *