Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

Manajemen Sumberdaya Perairan membahas mengenai proses atau kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan pengelolaan sumberdaya perairan meliputi pemetaan sumberdaya, eksploitasi, pembudidayaan, produksi, hingga pemasaran sumberdaya perairan.

Pada program studi ini kita akan mempelajari ragam dan fisiologi hewan air, cara penangkapan, hingga penyakitnya. Dari segi ekonomi kita akan mempelajari tataniaga dan manajemen strategi pemasaran sumberdaya perairan.

Beberapa kampus yang memiliki jurusan ini dengan akreditasi yang baik antara lain, IPB, UNDIP, Universitas Udayana dan UNHAS.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

Wilayah perairan Indonesia sangat luas. Bahkan lebih luas daripada wilayah daratannya. Pastinya banyak sumberdaya yang tersimpan di lautnya.

Namun sumberdaya perairan Indonesia yang kaya ini belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, sehingga sering kali Indonesia masih harus bergantung pada asing dalam pengadaan dan pengelolaan sumberdaya perairannya. Tenaga yang kompeten dalam manajemen sumberdaya perairan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Program studi ini hadir untuk menjawab persoalan manajemen sumberdaya perairan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan ini cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Kimia, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

Lulusan program studi Manajemen Sumberdaya Perairan dapat bekerja di a instansi pemerintahanKementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan, Balitbang Kelautan dan Perikanan, Balai Riset dan Observasi Laut, dan lain-lain. Juga Perusahaan Budidaya Laut, Pangan Ikan, Konsultan Kelautan, dan berwirausaha.

Baca juga:   Jurusan Seni Musik

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *