Jurusan Seni Musik

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Seni Musik

Program studi Seni Musik mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Walaupun musik telah digunakan oleh bangsa Yunani dan Roma kuno untuk mendukung pertunjukan di teater mereka, sekarang musik telah berkembang secara berbeda. Perkembangan elektronik dan teknologi membawa perubahan pada spektrum suara dan ritme. Kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, hingga komposisi musik.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Seni Musik

Prodi ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang menyukai musik dan bercita-cita jadi musisi yang handal, gemar menciptakan karya, dan mahir memainkan alat-alat musik. Masih banyak yang memandang rendah kuliah di prodi Seni Musik, padahal di prodi ini kamu akan belajar banyak hal tentang musik, bukan hanya memainkan dan menciptakan musik, melainkan lebih dalam ke sejarah, proses produksi, dan manajemen industri musik.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Seni Musik cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Seni Musik

Musik menjadi salah satu bidang atau industri yang akan selalu ada. Persaingan di industri musik memang ketat. Tapi dengan bakat yang dimiliki dan ilmu yang diperoleh dari studi Seni Musik di perguruan tinggi, lulusan prodi Seni Musik akan dapat bertahan di tengah persaingan industri musik yang selalu berkembang dengan cepat. Lulusan Seni Musik dapat berkarya sebagai komposer, pemain musik solo ataupun grup. Selain itu, lulusan Seni Musik dapat berkarya sebagai Film Scorer yang membuat musik untuk film dan serial tv, Jingle Writer yang membuat musik untuk iklan, Audio Engineer, Produser, Representatif A&R yang menjaring talenta-talenta ke label dan perusahaan rekaman, atau manajemen keartisan. Lulusan Seni Musik juga dapat menjadi pengajar musik.

Baca juga:   Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering)

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Seni Musik. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *