Jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan)

Rekam medis adalah berkas atau dokumen yang berisikan catatan mengenai identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, serta tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien di berbagai instansi kesehatan.

Jadi, di program studi Rekam Medis (atau Rekam Medis dan Informasi Kesehatan), kamu akan mempelajari hal-hal yang meliputi pencatatan, pelaporan, pengumpulan, pendaftaran, pengisian, dan analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.

Salah satu kegiatan penting yang dipelajari di jurusan ini adalah coding (pengkodean), dimana perekam medis mengkodekan diagnosis penyakit ataupun tindakan pasien ke dalam kode internasional ( International Classification of Diseases).

Di tingkat sarjana terapan (DIV), program studi ini dikenal dengan nama Manajemen Informasi Kesehatan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan)

Dalam bidang kesehatan yang identik dengan dokter dan perawat, program studi rekam medis pun memegang peran penting. Agar dokter dan perawat dapat memberikan diagnosa dan tindakan yang tepat kepada pasien, dokter membutuhkan riwayat kesehatan pasien yang lengkap, runut, dan menyeluruh dalam bentuk rekam medis.

Untuk kamu yang senang mengarsip dan menganalisa berdasarkan data sekaligus memiliki minat yang tinggi dalam bidang kesehatan, jurusan ini cocok banget untukmu.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Agama Islam

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan)

Perekam medis kini banyak dibutuhkan di berbagai instansi kesehatan semenjak adanya jaminan kesehatan dengan persyaratan klaim ditentukan dari kode diagnosis dan tindakan dalam pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Instansi-instansi tersebut meliputi rumah sakit baik negeri ataupun swasta, puskesmas, klinik, laboratorium, atau menjadi tenaga akademisi seperti dosen.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *