Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemetaan, sedangkan Penginderaan Jauh (remote sensing) adalah ilmu tentang cara memeroleh informasi mengenai objek atau fenomena yang berada di sekitar permukaan bumi tanpa melalui kontak langsung, melainkan dengan meggunakan alat perekam yang memanfaatkan energi dari gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan citra. Jadi, kira-kira yang akan kamu pelajari di program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh adalah bagaimana mendapatkan informasi spasial geografi dan menyajikannya dalam bentuk peta, gambar, tabel, dan sebagainya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Kalau kamu suka mata pelajaran Geografi, bisa jadi kamu cocok memilih program studi ini, karena Kartografi dan Penginderaan Jauh termasuk ke dalam bagian ilmu Geografi. Pada program studi ini kamu pastinya akan mengeksplor tempat-tempat baru dan membuat perhitungan pemetaannya secara manual maupun digital.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Geografi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Lulusan program studi ini berkesempatan untuk bekerja di berbagai instansi dan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi, survei, dan industri. Serta di berbagai instansi atau badan milik pemerintah, contohnya Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Jawatan Topografi TNI AD.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Geografi

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *