Jurusan Ilmu Keolahragaan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Ilmu Keolahragaan

Kalau mendengar kata ?keolahragaan? pasti yang terlintas di pikiranmu adalah senam, renang, sepak bola dan berbagai kegiatan atletis lainnya, sehingga di program studi Ilmu Keolahragaan kamu akan mempelajari kegiatan-kegiatan tersebut. Tapi nyatanya prodi Ilmu Keolahragaan tidak cuma mempelajari olahraganya saja. Disini kamu akan dapat ilmu-ilmu kedokteran dasar seperti anatomi, fisiologi, biokimia, fisioterapi olahraga, obat dan doping, serta biofisika. Karena sejatinya tujuan olahraga adalah untuk kesehatan, pelajaran di prodi ini juga tidak akan jauh-jauh dari ilmu kesehatan. Disini kamu juga akan mempelajari teknik fisioterapi, massage (pijat), kesehatan mental, dan manajemen penanggulangan cedera saat olahraga. Kamu juga akan menganalisa jenis olahraga yang tepat untuk berbagai usia, kondisi fisik, dan olahraga yang tepat untuk program diet, dan tujuan kesehatan lainnya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ilmu Keolahragaan

Saat ini, kesadaran masyarakat untuk mengikuti pola hidup sehat semakin meningkat. Pola hidup sehat ini tentunya harus diimbangi dengan aktivitas olahraga untuk melatih tubuh agar tetap bugar. Namun olahraga juga tidak boleh dilakukan sembarangan, banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam olahraga yang pastinya menyangkut dengan kesehatan. Jangan sampai kegiatan olahraga yang tujuannya agar lebih sehat malah mendatangkan akibat yang buruk pada tubuh.

Baca juga:   Mengenal Jurusan Okupasi Terapi: Jurusan dengan Peluang Kerja Luas di Indonesia

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Ilmu Keolahragaan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Pend Jasmani, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keolahragaan

Prospek karir lulusan Ilmu Keolahragaan cukup beragam. Lulusan Ilmu Keolahragaan dapat berkarir sebagai konsultan olahraga. Di lembaga pemerintahan, luulusan prodi ini juga dapat berkarir di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Prospek karir lainnya dari prodi ini adalah sebagai ahli pengukuran dan evaluasi olahraga, ahli medis olahraga, serta sebagai peneliti dan pengajar di bidang olahraga.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Keolahragaan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *