Jurusan Pendidikan Dokter

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Pendidikan Dokter

Program studi Pendidikan Dokter (atau lebih dikenal dengan Kedokteran) adalah salah satu prodi yang tiap tahun selalu banyak peminatnya. Di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera. Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia. Setelah memahami fungsi dasar bagian tubuh, kamu juga akan belajar tentang penyakit dan obat-obatan. Dan pastinya, di Pendidikan Dokter, kamu akan mempelajari tata cara pemeriksaan pasien dan menginterpretasi hasil pemeriksaan tersebut.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Pendidikan Dokter

Belajar ilmu kedokteran, pastinya mengharuskan kamu untuk menguasai biologi. Kamu juga harus kuat hafalan dan tahan banting. Pastinya di prodi ini kamu akan berurusan dengan darah dan aktivitas membedah hewan hingga mayat manusia, lho. Pendidikan Dokter juga punya alur yang sangat panjang, selama masa pendidikan S1, kamu akan berhadapan dengan banyak ujian, mulai dari ujian blok, sampai ujian OSCE. Setelah lulus dari prodi Pendidikan Dokter, kamu akan meraih gelar S.Ked, dan harus melewati Program Profesi Dokter atau koas untuk mengambil sumpah dokter dan mendapat gelar dokter (dr).

Baca juga:   Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Bioteknologi

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Pendidikan Dokter cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Dokter

Prospek Pendidikan Dokter pastinya adalah menjadikan kamu seorang dokter yang handal dan dapat mengabdikan diri bagi lingkungan sekitarnya. Setelah mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di berbagai klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship. Atau kamu dapat meneruskan pendidikan dekter spesialis.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Pendidikan Dokter. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *