Rekomendasi Jurusan – Teknik Informatika

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik baru Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Informatika.

Program studi Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk mendesain, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan sistem kerja komputer.

Pada jurusan ini akan diajarkan mulai dari cara mencari dan menghasilkan ide kreatif, dan kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan.

Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Untuk menguasai Teknik Informatika, paling tidak kamu harus memahami logika dan matematika. Mahasiswa Teknik Informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, dan pemrograman itu sendiri merupakan perwujudan dari algoritma (matematika dan logika).

Jadi, kalau kamu tertarik dengan dunia teknologi dan memiliki minat untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak maka jurusan ini tentu bisa menjadi pilihanmu.

Dilansir dari rencanamu,  beberapa Kampus yang memiliki program studi Teknik Informatika yang baik antara lain; ITB, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran. Untuk Perguruan Tinggi Swasta ada LPKIA, Binus, Universitas Kristen Maranata dan Unikom.

 

Prospek Kerja

Perkembangan dunia Teknologi yang pesat membuka peluang karier lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar dalam hampir semua bidang. Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi lainnya.

Baca juga:   Jurusan Sastra Cina (Sastra Mandarin)

Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan bervariasi, seperti software engineer & developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi.

 

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Informatika. Untuk tulisan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi.

 

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *