Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif

Mahasiswa UT, Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif – Analisis kuantitatif dan kualitatif adalah metode pelengkap yang dapat digabungkan dalam survei untuk memberikan hasil yang komprehensif. Sederhananya, data kuantitatif memberi Anda angka untuk mendukung poin umum penelitian Anda.

Sedangkan data kualitatif memberikan perincian untuk pemahaman mendalam tentang implikasi penuhnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan kedua metode ini dalam survei Anda, penting bagi Anda untuk memahami Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif di antara keduanya.

Pengertian Data Kualitatif dan Kuantitatif

1.      Pengertian Penelitian Kualitatif

Data kualitatif memberikan informasi deskriptif daripada informasi pengukuran. Bisa berupa kesan, pendapat atau pandangan orang. Sebuah survei kualitatif kurang terstruktur ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam topik yang sedang dipertimbangkan untuk mendapatkan informasi tentang motivasi orang, pandangan dan sikap mereka.

Survei semacam itu, di satu sisi memberikan pemahaman yang mendalam tentang pertanyaan penelitian dan di sisi lain memperumit analisis hasil.

2.      Definisi Penelitian Kuantitatif

Data kuantitatif adalah fakta angka yang terstruktur dan diproses secara statistik untuk membantu menarik kesimpulan umum dari penelitian.

Pengertian Data Kualitatif dan Kuantitatif Menurut Para Ahli

Creswell mencatat bahwa penelitian kuantitatif adalah proses mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, dan menulis hasil penelitian, sedangkan penelitian kualitatif adalah pendekatan pengumpulan data, analisis dan penulisan laporan yang berbeda dari pendekatan kuantitatif tradisional.

Kapan Menggunakan Riset Kualitatif dan Kapan Menggunakan Riset Kuantitatif

Data kuantitatif memungkinkan Anda melihat gambaran besarnya sedangkan data kualitatif membawa detail dan faktor manusia ke hasil survei. Mari kita lihat bagaimana menggunakan metode ini dalam proyek penelitian.

1.      Perumusan hipotesis

Analisis kualitatif membantu mengumpulkan informasi rinci tentang topik tersebut. Anda dapat menggunakannya untuk mulai menjelajah dengan menemukan masalah atau peluang yang sedang dipikirkan orang. Ide-ide tersebut dapat menjadi hipotesis yang akan dibuktikan melalui penelitian kuantitatif.

2.      Validasi hipotesis

Penelitian kuantitatif menyediakan data numerik di mana analisis statistik dapat diterapkan untuk mengkonfirmasi hipotesis. Apakah masalah memiliki latar belakang yang nyata, atau apakah itu muncul sebagai akibat dari salah persepsi seseorang? Fakta objektif yang diperoleh akan memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat.

3.      Menemukan jawaban umum

Sebuah penelitian kuantitatif memiliki lebih banyak responden daripada penelitian kualitatif, karena lebih mudah melakukan survei pilihan ganda daripada serangkaian wawancara. Dengan demikian, dapat membantu untuk mendapatkan jawaban spesifik atas berbagai pertanyaan, misalnya apakah pelanggan lebih menyukai perusahaan Anda atau pesaing? Layanan apa dari perusahaan Anda yang paling penting? Iklan mana yang paling menarik?

4.      Termasuk Faktor Manusia

Penelitian kualitatif membantu dalam tahap akhir proyek Anda dimana komentar yang diterima dari pertanyaan terbuka dapat menambahkan suara manusia ke angka dan tren objektif dalam hasil Anda.

Dalam banyak kasus, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana pelanggan menggambarkan perusahaan Anda dengan kata-kata mereka sendiri untuk mengungkap titik-titik rasa sakit yang tersembunyi dan data kualitatif memungkinkan hal ini.

Bagaimana Menyeimbangkan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif tidak saling bertentangan. Bahkan, mereka bekerja jauh lebih baik bersama-sama. Di dunia Big Data, ada banyak sekali informasi dan angka statistik yang menjadi dasar yang kuat untuk keputusan Anda.

Tetapi data dasar tidak lengkap tanpa informasi dari orang-orang nyata yang memberi arti pada angka-angka tersebut. Jadi bagaimana Anda menggabungkan kedua bentuk Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif?

Penelitian kualitatif hampir selalu merupakan titik awal untuk menemukan masalah baru dan peluang untuk perbaikan yang akan membantu Anda melakukan penelitian yang lebih mendalam nanti.

Data kuantitatif memungkinkan Anda untuk mengkonfirmasi dan memahami setiap masalah atau peluang peningkatan.

Akhir Kata

Sekarang setelah Anda mengetahui definisi data kualitatif dan kuantitatif serta Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif, Anda dapat lebih memahami bagaimana menggunakannya bersama-sama, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.