Mengenal Jurusan Manajemen Rekayasa Industri

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Rekayasa Industri

Manajemen Rekayasa Industri (MRI) adalah sub-keilmuan yang mengkombinasikan ilmu rekayasa (engineering) dengan keahlian manajemen untuk memimpin suatu tim yang berisi para expertise dalam mengerjakan persoalan-persoalan pembaharuan sistem-sistem dalam suatu sistem dan organisasi.

Seorang engineer kini tidak lagi menjalankan perannya sebagai seorang traditional engineer yang hanya berkutat dibidang teknis namun juga merangkap sebagai project managers, technical salespeople & lead system engineers yang melibatkan proses pendefinisian, perancangan, perintegrasian, pemasaran, dan pengujian kompleks sistem informasi teknologi-sentris.

Dibutuhkan sebuah keahlian khusus agar penemuan (Invention) tersebut sesuai kebutuhan, dapat diserap pasar dan dikomersialisasikan (Innovation). Hal tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan kecakapan ilmu multidimensi di bidang engineering, finance, public policy research, management, dll. yang mumpuni dan terintegras.

Untuk saat ini jurusan Manajemen Rekayasa Idustri baru ada di ITB. Jurusan ini adalah perkembangan dari Departemen Teknik Industri (unit akademik yang terdiri dari Program Sarjana Teknik Industri dan Program Pascasarjana Teknik Industri) dari Fakultas Teknologi Industri ITB untuk lebih mengkhususkan setiap peran program studi dalam siklus hidup teknologi.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Rekayasa Industri

Pada zaman sekarang, para ahli di bidang teknik tidak lagi hanya sebagai ahli yang hanya berkutat di bidang teknis namun juga dapat merangkap sebagai project managers, technical salespeople & lead systems engineers yang melibatkan proses pendefinisian, perancangan, perintegrasian, pemasaran, dan pengujian kompleks sistem informasi teknologi-sentris.

Baca juga:   Jurusan Ekonomi Bisnis

Selain itu, jurusan ini dapat mengantisipasi kebutuhan pebangunan Indonesia di mana ada kebutuhan yang besar untuk mengembangkan usaha baru dan memperbaharui perusahan untuk mempercepat Indonesia dalam mengatasi krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Manajemen Rekayasa Industri cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Rekayasa Industri

Karena memiliki pengetahuan yang luas baik dari sisi teknis maupun manajerial dari sebuah industri, lulusan Manajemen Rekayasa Industri (MRI) memiliki prospek kerja yang sangat mumpuni.

Lulusan Manajemen Rekayasa Industri dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada inovasi seperti start-up digital maupun perusahaan teknologi, consumer goods, bahkan BUMN. Selain itu, mereka pastinya juga bisa menjadi seorang wirausaha dan membangun bisnisnya sendiri.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Rekayasa Industri. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *