Jurusan Pendidikan Kepolisian

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Pendidikan Kepolisian

Kamu akan dibentuk menjadi seorang anggota Kepolisian RI melalui Pendidikan Kepolisian. Serupa dengan Pendidikan Militer, di Pendidikan Kepolisian ini kamu juga dapat memilih jenjang atau tingkatan pendidikan menyesuaikan dengan pangkat yang akan diperoleh setelah lulus nanti. Lama pendidikannya pun bervariasi. Pendidikan Tamtama Kepolisian berdurasi lima bulan dengan output lulusannya berpangkat Bhayangkara Dua (Bharada). Selama Pendidikan Tamtama Kepolisian akan diajarkan fungsi teknis Kepolisian Lalu Lintas, Intelijen, Reserse dan Binmas. Pendidikan Bintara Kepolisian berdurasi tujuh bulan dan pangkat yang didapat oleh lulusannya adalah Brigadir Dua (Bripda). Pendidikan Taruna Kepolisian yang diselenggarakan di Akademi Kepolisian (Akpol) berdurasi empat tahun, lulusannya nanti akan memeroleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK), serta menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Bagi kamu yang ingin menempuh Pendidikan Kepolisian setelah lulus dari perguruan tinggi juga bisa, lho. Yaitu dengan mengikuti pendidikan selama enam bulan di Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPS). Pangkat yang didapatkan dari lulusan SIPS adalah Inspektur Dua (Ipda).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Pendidikan Kepolisian

Pendidikan Kepolisian adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang bercita-cita menjadi anggota Polri. Setelah lulus SMA/SMK kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kepolisian, dan setelah lulus kamu akan dilantik menjadi anggota kepolisian. Tentunya Pendidikan Kepolisian hanya diperuntukkan untuk kamu yang memiliki fisik dan mental yang kuat dan tangguh. Kamu punya bakat dan minat di bidang musik dan IT? Masuk sekolah kepolisian juga masih memungkinkan kamu untuk menekuni bidang-bidang tersebut, lho. Pasalnya di Pendidikan Bintara kamu dapat menekuni pilihan Bintara Musik dan Bintara TI.

Baca juga:   Jurusan Business Creation

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Pendidikan Kepolisian cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran PPKN, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Kepolisian

Lulusan Pendidikan Kepolisian sudah pasti menjadi anggota Polri. Baik sebagai Anggota Polisi Lalu Lintas, Densus 88 Anti Teror, Penyidik Kepolisian, Anggota Brimob, Satuan Polisi Pamong Praja, maupun di bagian administrasi kepolisian.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Pendidikan Kepolisian. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *