Empat Fungsi Komunikasi

Mahasiswa UTKomunikasi adalah “suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain“. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Adapun Empat Fungsi Komunikasi adalah: fungsi sosial, fungsi ekspresi, fungsi ritual dan fungsi instrumental.

 

Yang dimaksud Fungsi Sosial adalah komunikasi yang menekan pembentukan hubungan antarmanusia yang bertujuan untuk mencari kesenangan, menunjukan ikatan, membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain. Selain itu fungsi social dalam komunikasi digunakan untuk mengambil keputusan untuk menentukan pilihan untuk menghadapi tantangan lingkungan.

Contohnya, adalah bermusyawarah untuk mengambil keputusan seperti penentuan kegiatan dalam mengisi bulan Ramadhan oleh DKM di suatu Mesjid. Pertemuan antara dua keluarga untuk membahas resepsi pernikahan putra-putrinya.

 

Yang dimaksud Fungsi Ekspresi adalah komunikasi sebagai sarana untuk mengungkapkan emosi (perasaan) manusia, baik secara individu maupun kelompok.

Contohnya, orasi yang dilakukan saat berdemonstrasi atau lagu yang digunakan untuk berisi kritik sosial, atau sekedar puisi untuk kekasih

 

Yang dimaksud Fungsi Ritual adalah pemenuhan jati diri manusia sebagai individu, sebagai anggota komunitas sosial, dan sebagai salah satu unsur dari alam semesta.

Contohnya, seperti upacara adat sunda Saweran.

 

Yang dimaksud Fungsi Intrumental adalah suatu komunikasi yang bertujuan untuk: menginformasikan, mengubah sikap dan keyakinan, mengubah prilaku atau menggerakan dan juga untuk menghiburr.

Contohnya, kegiatan belajar di dalam kelas.

***

TUGAS 1:

Saudara mahasiswa, pada pertemuan 1 telah dibahas tentang 4 fungsi komuniasi yaitu fungsi sosial, fungsi ekpresi, fungsi ritual dan  fungsi instrumental. Untuk tugas 1 ini, coba Anda berikan contoh aplikasi dari empat fungsi komunikasi tersebut dalam kehidupan masyarakat

Baca juga:   AKTUALISASI IDIOLOGI PANCASILA DI ERA GLOBALISASI SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KETAHANAN IDIOLOGI

***

Artikel ini di buat untuk memenuhi tugas  mata kuliah ILMU KOMUNIKASI. Bebas di gunakan tanpa izin dari pemilik tulisan. Tapi harap cantumkan link sebagai sumber tulisan.

original Author: Whisnu Wardhana S

Sincerly,

Mahasiswa UT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *