Keuntungan Bekerja di Luar Jurusan Kuliah

Mahasiswa UT, Keuntungan yang Kamu Dapatkan jika Bekerja di Luar Jurusan Kuliah – Masa transisi setelah lulus kuliah lalu mencari pekerjaan merupakan masa-masa yang bisa jadi sangat menyebalkan. Setelah empat tahun belajar di bangku kuliah dan lulus dengan predikat baik, nyatanya tidak membuat mencari pekerjaan menjadi lebih mudah.

Setelah berbulan-bulan melamar pekerjaan di berbagai perusahaan, akhirnya ada satu perusahaan yang menerimamu. Tapi sayang, posisi yang tersedia tidak sesuai dengan jurusan yang di ambil saat kuliah. 

Jika saat ini kamu sedang mengalaminya, kamu tak perlu berkecil hati atau iri kepada teman-temanmu yang telah memiliki pekerjaan sesuai jurusan kuliahnya.

Justru kamu harusnya merasa tersanjung karena bisa diterima bekerja pada bidang yang berbeda, itu artinya kamu dianggap sebagai seorang yang punya banyak kemampuan. 

Selain itu, bekerja di luar jurusan kuliah punya banyak keuntungan.Berikut keuntungan yang kamu dapatkan saat bekerja di luar jurusanmu.

Keuntungan bekerja di luar jurusan kuliah

Berikut kita bahas keuntungan yang akan kamu dapat jika memilih berkarir di luar jurusan kuliahmu.

1. Memberimu pengetahuan dan skill baru

Pastinya, saat kamu mulai bekerja akan merasa kesulitan karena semua yang berhubungan di pekerjaanmu adalah hal yang baru dan belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Semuanya harus dipelajari lagi dari nol. 

Namun, keadaan inilah yang akan memamksamu untuk meningkatkan kualitas diri denagn mempelajaro pengetahuan dan skill baru. Kamu akan mendapatkan hal baru yang tidak kamu dapatkan di bangku kuliah.

Baca juga:   Mengapa Mewarnai Bermanfaat untuk Semua Usia

Selain itu, kamu juga akan menjadi pribadi yang resilient dan mampu menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Dunia semakin berkembang dan manusia harus mampu beradaptasi pada perubahan untuk tetap survive. Karena kamu mau mempelajari hal baru sesuai dengan tuntutan zaman.

 

2. Membawamu keluar dari zona nyaman

Mempelajari sesuatu saat kita sudah punya basic skill memang lebih mudah daripada mempelajari sesuatu dari nol. Hal ini pasti akan membuatmu merasa tidak nyaman karena harus terus beradaptasi di keadaan dan situasi baru. Kamu akan menghadapi banyak kesulitan. Keadaan inilah yang disebut dengan keluar dari zona nyaman

Meskipun pada awalnya sulit dan melelahkan, keluar dari zona nyaman akan membuatmu lebih berkembang sebagai pribadi dan profesional. Seperti pepatah bilang, pelaut yang handal tidak lahir dari laut yang tenang, melainkan dari lautan penuh badai. Peribahasa ini cocok denangmu yang sedang merintis karier yang berbeda dengan jurusan kuliahmu.

 

3. Mengenalkanmu pada tantangan baru

Pergi ke sebuah tempat melalui jalan tol memang membuat nyaman dan lebih cepat sampai. Tapi, bukankah berjalan kaki melewati medan yang terjal bukankah lebih menantang? Meskipun berat, tapi kamu akan lebih menghargai prosesnya.

Kalau kamu punya pola pikir bahwa tantangan adalah beban, maka ubahlah pola pikir itu. Tantangan adalah permainan yang harus kamu menangkan. 

Menjalani karier yang berbeda dengan jurusan kuliah adalah sebuah tantangan yang jauh dari kata monoton. Kamu akan menghadapi hal-hal yang baru yang tidak pernah kamu perkirakan sebelumnya. Hal ini tentu akan cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang sejati  dan siap menghadapi tantangan baru setiap harinya.

 

4. Kamu masih bisa memanfaatkan ilmu perkuliahanmu di luar jam kantor

Ada pepatah yang mengatakan “Tidak ada ilmu yang sia-sia.” Apa yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah bisa kamu pergunakan di luar jam kerjamu, misalnya dengan mengambil pekerjaan secara freelance yang berkaitan dengan jurusanmu.

Baca juga:   10 Laptop untuk Kuliah Manajemen

Selain menambah penghasilan, hal ini dilakukan untuk mengobati rasa rindu terhadap bidang yang sudah kamu pelajari saat berkuliah.

Pada zaman sekarang, hampir semua orang memiliki sumber pendapatan lain di luar pekerjaan utama mereka. Alasannya jelas, mereka ingin segera mencapai kebebasan finansial.

Kamu bisa melakukan ini dengan bekal ilmu yang kamu peroleh selama 4 tahun belajar di bangku kuliah. 

***

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat kamu memilih untuk bekerja di luar jurusan kuliahmu.

Bekerja di luar jurusan kuliah bukanlah suatu hal yang buruk, melainkan sebuah kesempatan yang akan membuatmu lebih berkembang.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk bekerja di luar jurusanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *