Universitas Terbuka Dorong Mahasiswa Ikut Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Mahasiswa UT, Universitas Terbuka Dorong Mahasiswa Ikut Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Universitas Terbuka (UT) mendorong mahasiswa ikut program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Demikian diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik UT Mohamad Yunus, dalam gelar wicara terkait Implementasi MBKM di Kampus UT di Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/6/2022). Sebab, program tersebut bermanfaat saat mahasiswa lulus nanti

“Mahasiswa tidak hanya berkualitas secara akademik, tapi juga melek dunia kerja,” ujarnya.

Program MBKM, dikatakan dia, mahasiswa memiliki pengalaman dengan industri, dunia kerja dan masyarakat. Dan mahasiswa siap kuliah dan bekerja.

“Kesiapan mahasiswa memadai dengan lingkungan,” bebernya.

“Pengalaman MBKM ini memperkaya mahasiswa. Baik dari luar prodi di internal kampus atau di luar Prodi,” imbuhnya.

Hal senada disampaikam Wakil Dekan Bidang Akademik FHISIP Universitas Terbuka (UT) Hendrikus Ivoni Bambang Prasetyo SSos MSi mengatakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan wawasan baru pada mahasiswa.

“Selama ini mahasiswa hanya berkutat di program studinya masing-masing. Namun sejak kepemimpinan Mas Menteri (Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim), diberikan kemerdekaan pada mahasiswa,” ujar Hendrikus.

Dengan kebijakan tersebut, mahasiswa diberikan keleluasaan untuk belajar di dalam program studinya maupun di luar program studinya bahkan di luar kampusnya. Program tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana UT.

“Program ini memberikan pengalaman pada mahasiswa serta wawasan baru pada mahasiswa,” katanya.

Sedangkan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi UT Kurnia Endah Riana SE MCom mengatakan mahasiswa perlu dibekali keahlian program studi lebih dulu baru kemudian mengikuti MBKM.

“MBKM ini dirancang untuk mahasiswa semester lima, enam atau tujuh. Pada semester inilah mahasiswa dapat mengikuti program Kampus Merdeka, yang mana mahasiswa sudah dibekali dengan keterampilan yang ada di program studi,” tegasnya.

Baca juga:   7 Kampus Tertua di Indonesia: Ada Kampus Impianmu?

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Sain dan Teknologi UT Dr Ernik Yuliana SPi MT mengatakan mahasiswa yang mengikuti MBKM akan diakui dengan dilakukan konversi nilai.

“Nilai itu akan tercantum pada transkrip nilai. Jadi jangan khawatir, teman-teman yang mengikuti MBKM,” kata Ernik.

Ernik mendorong mahasiswa yang sudah berada di semester lima ke atas untuk mengikuti program MBKM. “Program tersebut memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk menekuni bidang yang disukainya,” katanya.

Sumber: krjogja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *