Tips Membuat Jadwal Belajar Efektif

Mahasiswa UT, Tips Membuat Jadwal Belajar Efektif – Membuat jadwal belajar juga perlu dilakukan supaya dapat meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik. Tetapi membuat jadwal belajar juga sering menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang belum terbiasa menyusunnya dengan baik.

Sebenarnya dalam membuat jadwal belajar perlu kejelian dan ketelitian agar hasilnya menjadi lebih efektif ketika diterapkan. Tentunya membuat dan menyusun jadwal belajar yang baik juga perlu latihan dan cara yang sesuai. Oleh karena itu, boleh coba pahami dulu lima tips simpel berikut ini.

Buat jadwal belajar secara manual

Cukup banyak orang yang lebih suka mengetik menggunakan gadget mereka ketika ingin mencatat sesuatu, termasuk ketika ingin membuat jadwal belajar. Hal ini tentu tidaklah masalah karena dapat membantu supaya kegiatan mencatat menjadi lebih mudah dan praktis.

Namun untuk membantumu terbiasa membuat jadwal belajar yang efektif, ada baiknya kalau kamu lebih sering menulis jadwal belajar secara manual. Hal ini berguna untuk membuatmu lebih familiar dengan cara mengatur jadwal belajar yang sesuai. Selain itu dirimu dapat terbantu untuk lebih mengingat isi dari jadwal belajar yang sudah ditulis tersebut.

 

Tuliskan jadwal belajar secara jelas dan detail

Nah, tips yang satu ini kelihatannya memang cukup simpel tapi sadarilah kalau tips ini juga sangat penting, lho. Ya, kalau kamu tidak cukup jelas atau detail ketika menulis jadwal belajar, bisa-bisa kamu sendiri yang akan kebingungan saat membaca ulang atau mengingat kembali jadwal belajar tersebut.

Baca juga:   5 Cara Mencatat Materi Pelajaran yang Efektif

Misalnya kamu menulis jadwal belajar tapi tidak mencantumkan waktunya secara detail sehingga mungkin dirimu lupa untuk belajar sesuai waktu yang ditentukan. Pastinya jika hal ini terjadi akan cukup membuang waktu sehingga proses belajar juga jadi terhambat. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, ingatlah untuk menuliskannya secara jelas, detail dan tepat.

 

Tanyakan pendapat orang lain soal jadwal belajar

Ketika kamu mungkin sudah membuat jadwal belajar, tapi masih merasa ragu atau bingung dengan jadwal belajar tersebut, ada baiknya untuk meminta pendapat atau saran dari orang lain. Kamu dapat bertanya pada orang-orang yang kamu anggap bisa memberikanmu pemahaman yang memadai tentang jadwal belajar ini.

Tapi ingatlah jika hal ini perlu kamu tentukan dengan bijak. Jika ternyata kamu merasa sudah yakin dapat menyusun atau membuat jadwal belajar tersebut dengan maksimal, dirimu mungkin tidak harus meminta pendapat orang lain. Sekarang tinggal bagaimana strategimu agar bisa menerapkan jadwal tersebut secara tepat dan efektif.

 

Objeltiflah ketika menyusun jadwal belajar

Kadang kala, ada beberapa faktor yang menyebabkan jadwal belajarmu jadi kurang efektif, salah satunya mungkin karena tidak objektif. Bersikap objektif saat menyusun jadwal belajar juga sangat diperlukan agar kita dapat menilai sendiri jadwal belajar seperti apa yang cocok untuk digunakan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika tidak objektif, mungkin saja jadwal belajar yang sudah disusun malah jadi tidak cocok dengan waktu atau kemampuan yang ada. Sehingga tetap perlu proses yang tepat dalam membuat jadwal belajar yang efektif. Tidak perlu terburu-buru ketika membuat jadwal belajar, luangkan saja waktu yang cukup agar dapat fokus ketika menyusun jadwal belajar yang diharapkan.

Baca juga:   8 Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

 

Tekadkan niatmu untuk menjalankan jadwal belajar yang sudah di buat

Kelihatannya memang sangat simpel, namun ketahuilah kalau tips yang satu ini cukup gampang-gampang susah ketika hendak diterapkan. Sebab setelah jadwal belajar tersebut sudah dibuat dan disiapkan dengan baik maka sudah saatnya untuk diterapkan dengan bijaksana.

Tanpa tekad yang kuat, kemungkinan besar jadwal belajar tersebut hanya dapat diterapkan secara setengah-setengah atau tidak maksimal. Jika sudah seperti itu, tentunya sangat disayangkan apalagi jika jadwal belajar tersebut sudah diusahakan dengan baik.

***

Jadi meski mungkin lima tips di atas terlihat sederhana, sebaiknya tetap usahakan agar bisa dipahami dan diterapkan secara tepat. Hal ini bertujuan agar semua tips di atas dapat berguna bagi kamu yang ingin membuat jadwal belajar yang efektif. Semoga bermanfaat!

Sumber: IDN Times

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *