Tips Lolos Beasiswa LPDP yang Harus Kamu Ketahui

Mahasiswa UT, Tips Lolos Beasiswa LPDP yang Harus Kamu Ketahui – Salah satu pilihan beasiswa yang banyak dicari di Indonesia adalah beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Beasiswa ini bisa mengantarkan kamu ke jenjang pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa dari Kementerian Keuangan RI untuk berkuliah di berbagai negara dan mencakup berbagai perguruan tinggi terbaik dunia.

Beasiswa ini menawarkan beasiswa S1 luar negeri penuh (fully funded), di samping program beasiswa S2 luar negeri dan S3. Selain itu, beasiswa LPDP juga membuka beasiswa untuk siswa SMK dan SMA, dosen, guru, tenaga kependidikan, dan peneliti.

Meski banyak dicari namun untuk meraih beasiswa ini terbilang tidak mudah. Perlu persiapan matang mulai dari prestasi, berkas atau dokumen, dan lainnya.

Berikut ini tips lolos beasiswa LPDP dari dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Lukito Edi Nugroho, Ph.D yang juga reviewer beasiswa LPDP, dikutip dari laman Institut Teknologi Indonesia.

Memahami Cara Pandang Beasiswa

Seperti yang diketahui LPDP dikenal memiliki nilai integritas, nasionalisme, dan bagaimana pelamar bisa memberi kontribusi kepada masyarakat.

Dengan mengetahui hal ini, otomatis sebagai pelamar beasiswa, kamu harus menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang dicari.

Karena pemberi beasiswa tidak mungkin akan memberikannya kepada orang yang tidak tepat sasaran, dalam hal ini adalah orang-orang yang tidak memiliki nilai-nilai tadi.

Memenangkan Perhatian Pemberi Beasiswa

Meski terlihat rumit tapi kamu harus bisa memenangkan perhatian dengan memperlihatkan persepsi tertentu mengenai diri kamu. Caranya adalah dengan memberi pencitraan yang selaras dengan nilai-nilai yang dianut LPDP. Berikut ini adalah aspek-aspek pembeda yang bisa kamu tonjolkan agar kamu berbeda dari yang lainnya:

  1. Tunjukkan prestasi yang terkait akademik
  2. Tunjukkan prestasi non-akademik
  3. Tunjukkan kepekaan sosial
  4. Tunjukkan kepemimpinan
  5. Tunjukkan keaktifan dalam berorganisasi
  6. Tunjukkan kemampuan untuk survive dalam menghadapi kesulitan
  7. Tunjukkan bakat bawaan yang dimiliki
Baca juga:   Beasiswa S2 Kemenag 2022 untuk Guru Madrasah

Memperhatikan Detail

Meski aspek-aspek sebelumnya bisa menjadi poin penting, namun kamu juga harus memperhatikan hal-hal detail berikut ini:

  • Untuk menunjukkan persepsi diri yang berbeda dengan orang lain tentu tidak bisa dimiliki dalam waktu semalam.

Maksudnya, kamu butuh track record yang jelas dalam hidup kamu sebenarnya. Mengarang cerita yang tidak ada faktanya tentang diri kamu tentu akan menjadi penyesalan buat kamu nantinya.

  • Gali lagi lebih dalam atau renungi apa saja yang bisa kamu tonjolkan sebagai aspek pembeda kamu dengan sebenarnya.
  • Tunjukkan perbedaan-perbedaan yang kamu miliki itu secara jelas sehingga pihak pemberi beasiswa bisa melihatnya atau membacanya lewat CV, dokumen-dokumen dan pada saat wawancara.

Nah, itulah tips lolos beasiswa LPDP yang bisa kamu pahami. Semoga detikers menjadi salah satu penerima beasiswa LPDP, ya!

 

Sumber: Mau Lolos Beasiswa LPDP? Simak 3 Tips Penting Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *