Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Mahasiswa UT, Dalam upaya mencapai kulit yang sehat dan bercahaya, memilih skincare yang tepat menjadi langkah krusial. Bagi pemilik kulit kering, menemukan produk yang cocok bisa menjadi tantangan tersendiri. Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kering menjadi kunci untuk meraih kelembapan dan kecerahan optimal.

Ciri-ciri Kulit Kering pada Wanita

Kulit kering pada wanita dapat dikenali melalui ciri-ciri seperti rasa ketegangan atau kemerahan, bersisik, dan terkadang dapat terasa gatal. Kulit ini cenderung kurang elastis dan terkadang terasa kasar, memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya.

Oleh karena itu melakukan perwatan yang rutin serta memilih produk skincare yang tepat adalah sebuah keharusan agar mendapat kulit yang sehat dan indah.

Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Sebelum membeli dan menggunakan skincare untuk kulit kering, penting untuk mengetahui tips yang perlu diterapkan agar menghindari masalah kesehatan kulit pasca-penggunaan. Berikut pembahasan selengkapnya.

  1. Pilih skincare berbahan dasar air untuk mengatasi kekeringan kulit wajah, meningkatkan kadar air, dan memberikan kelembapan.
  2. Pilih produk dengan pelembap seperti asam laktat, lanolin, petroleum, atau urea untuk menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit kering, serta hindari produk dengan kandungan alkohol.
  3. Pilih toner atau penyegar wajah khusus untuk kulit kering, yang mengandung hydroxy acid dan glycolic acid, dan hindari yang mengandung alkohol.
  4. Pilih skincare yang mengandung minyak seperti shea butter, jojoba oil, atau olive oil untuk memberikan kelembapan pada kulit kering.
  5. Pilih produk dengan tekstur krim daripada lotion atau bubuk untuk menghindari kulit semakin kering dan iritasi.
  6. Gunakan sunblock dengan proteksi UVB untuk melindungi kulit kering dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kekeringan, rasa gatal, dan iritasi.
  7. Pilih gentle skin cleanser yang bebas sabun dan tidak iritasi untuk membersihkan kulit kering, hindari pembersih dengan scrub atau bahan dasar foam.
  8. Hindari skincare dengan deterjen dan pewangi, yang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit kering.
  9. Pilih skincare kaya vitamin, terutama vitamin A dan E, untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit kering, serta mencegah iritasi.
Baca juga:   Makeup Tanpa Foundation untuk Semua Jenis Kulit

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering

Memiliki kulit kering tentu sangat menyebalkan. Untuk mencegah kulit semakin kering, perawatan dengan skincare untuk kulit kering yang tepat akan mampu mengatasinya. Berikut beberapa rekomendasinya dan cara penggunaanya.

Erha21 Erha 1 Facial Wash For Normal & Dry Skin 60 ml

Erha21 memiliki skincare untuk kulit kering agar glowing. Salah satunya adalah Erha21 Erha 1 Facial Wash For Normal & Dry Skin.

Produk skincare ini mengandung AHA, DMAE dan Aloe Vera Extract untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Skincare kulit kering ini juga membuat kulit tampak lebih bersih, cerah, dan kencang. Hal ini karena produk ini memiliki formula khusus untuk tipe kulit normal dan cenderung kering.

Kamu bisa menggunakan pembersih wajah ini secara rutin setelah mandi. Jangan lupa untuk gunakan pelembap yang tepat sebagai perawatan tambahan untuk kulit kering agar semakin glowing.

Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash 100 ml

Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash merupakan sabun pembersih wajah yang berfungsi sebagai produk perawatan untuk kulit kering.

Kandungan dalam pembersih wajah ini mampu mengangkat kotoran serta minyak di kulit wajah, tanpa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga kelembaban tetap terjaga.

Produk ini juga bisa membantu melembapkan dan mengangkat kotoran serta minyak pada kulit. Selain itu, produk ini juga memiliki tingkat iritasi yang rendah karena tidak menggunakan zat pewangi, zat pewarna, hingga ethanol.

Gunakan pembersih wajah ini pada wajah yang basah. Usapkan pada wajah hingga merata. Kemudian, pijat lembut wajah. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air bersih.

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel 25 ml

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel merupakan pelembab gel dengan 9 bahan yang mampu menghidrasi, menyegarkan, serta memperkuat kulit.

Baca juga:   Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kering 2023

Skincare untuk kulit kering ini mengandung hydrolyzed marine collagen yang dapat menyerap 1,5 kali lebih cepat, dibandingkan jenis kolagen lainnya.

Pelembap ini juga mampu mengunci kelembapan selama 18 jam dan membantu memperlambat penuaan kulit. Selain itu, produk ini mampu menjadikan kulit lebih kenyal, tampak lebih cerah, dan memberikan nutrisi pada kulit.

Oleskan pada wajah yang bersih dan lembap. Kemudian, pijat lembut area wajah yang kamu oleskan dengan pelembap ini. Gunakan secara rutin pada pagi hari agar hasilnya maksimal.

Avoskin Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid 15 ml

Avoskin Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid, merupakan 1 paket skincare untuk kulit kering. Produk ini hadir dengan tekstur gel ringan dan mudah menyerap.

Selain menjaga kelembapan kulit wajah, pelembap ini memiliki perpaduan kandungan utama Aqua Ceramide, Multi Probiome, dan Hyaluronic Acid , yang efektif untuk mengatasi kulit kering dan dehidrasi.

Kandungan Aqua Ceramide dalam produk ini dapat membantu menjaga kelembapan lebih lama, merawat skin barrier, dan berperan sebagai antiinflamasi serta anti-iritasi.

Produk ini adalah skincare untuk kulit kering remaja dan dapat digunakan untuk usia mulai dari 15 tahun dan cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *