Skill yang Harus di Miliki Generasi Milenial dan Gen Z

Mahasiswa UT, Skill yang Harus di Miliki Generasi Milenial dan Gen Z – Memiliki skill dan kemampuan khusus sangatlah dibutuhkan dalam mencari pekerjaan. Terutama di era digital yang semakin maju dan persaingan para pencari kerja yang semakin ketat. Di era ini kita dituntut untuk serbabisa dalam melakukan segala pekerjaan.

 

Skill yang Harus di Miliki Generasi Milenial dan Gen Z

Oleh karena itu, sebelum masuk ke dunia pekerjaan, kita harus mempersiapkan diri secara matang. Mengembangkan skill dan kemampuan sangat wajib hukumnya. Nah, buat kamu yang sedang dalam persiapan masuk dunia kerja, di bawah ini tujuh skill yang wajib untuk dimiliki. Simak informasinya, ya!

 

Kecerdasan Sosial

Kecerdasan sosial yang dimaksud adalah suatu kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial yang ada. Singkatnya, kecerdasan sosial adalah tentang semahir apa kita bisa beradaptasi dengan lingkungan dan budaya baru.

Kecerdasan sosial mampu membuat kita untuk menerima setiap perubahan yang terjadi setiap harinya, bagaimana kita bisa menerima perubahan tersebut, dan sepintar apa kita bisa beradaptasi. Jadi, apakah kamu sudah memiliki kecerdasan sosial?

 

Kepemimpinan

Kepemimpinan di era digital adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Memiliki kemampuan leadership sangat dibutuhkan untuk mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan di era digital.

Kepemimpinan tak hanya soal bagaimana kita bisa mengatur orang lain atau pekerjaan, namun lebih ke keterbiasaan pikiran dalam menemukan solusi di tengah setiap masalah yang ada. Ayo mulai latih skill kepemimpinanmu!

 

Berpikir out of the box

Skill selanjutnya yang wajib kita miliki adalah berpikir out of the box, apalagi di era digital yang serbacanggih dan inovatif. Berpikir out of the box adalah bagaimana kita bisa berpikir di luar kebiasaan kita dan bagaimana kita bisa menciptakan gagasan yang tidak biasanya kita pikirkan. Memiliki kreativitas yang tinggi serta suka berinovasi akan membuat kita untuk memikirkan ide segar baru.

Orang yang tidak berpikir out of the box biasanya lebih suka menjadi pengikut. Mereka selalu bekerja sesuai standar dan tidak suka mencoba gagasan yang baru. Kalau seperti ini, kita akan sulit maju karena terus melakukan hal yang sama.

 

Mampu beradaptasi dengan perubahan

Perubahan adalah hukum alam yang terjadi setiap hari, baik dalam skala kecil maupun besar. Karena perubahan adalah hal yang pasti terjadi setiap harinya, kita perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Ada ungkapan yang mengatakan, “Berubah atau punah,” yang berarti jika tidak bisa beradaptasi dengan perubahaan, akan berakibat sangat fatal bagi kita. Di era digitalisasi yang serbacepat berubah, kita perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik. Jadi, selalu upgrade skill diri sendiri, ya!

 

Mahir digital dan tidak Gaptek

Disadari atau tidak, perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Sekarang segala sesuatu dipermudah dengan adanya teknologi. Jadi, kalau kita tidak melek teknologi, kita akan terlindas oleh zaman.

Akibatnya kita akan terasing karena gaya hidup dunia berubah dengan cepat, sementara kita masih menggunakan cara-cara lama. Belajar teknologi itu penting karena banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar teknologi terbaru.

Teknologi dapat membantu kita untuk dapat mengembangkan kompetensi dan produktivitas kerja serta membuat pekerjaan kita lebih efesien. Karyawan yang melek teknologi sudah pasti tidak perlu menghabiskan banyak tenaga dan waktu dalam bekerja.

 

Manajemen waktu yang baik

Ungkapan waktu adalah uang sangat benar adanya. Setiap waktu yang terbuang percuma sama dengan kita membuang kesempatan untuk mendapatkan uang. Coba pikirkan, semua manusia punya waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam sehari, namun kenapa tak semua bisa sukses? Jawabannya adalah orang sukses tak suka membuang waktu!

Kemampuan manajemen waktu sangat dibutuhkan di era digital agar supaya kita bisa bekerja dengan efisien. Jika kita pandai mengatur waktu, pekerjaan tak akan terbengkalai dan kita juga tak akan buru-buru menyelesaikan tugas karena waktu tersisa tinggal sedikit.

 

Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks

Perusahaan di mana pun akan menghargai jika kamu memiliki kemampuan problem solving atau mampu mememecah masalah yang baik.

Kamu dapat mengasahnya dengan cara memiliki kreativitas, manajemen risiko, berpikir kritis, menganalisis, serta memiliki kerja sama tim yang baik.

 

***

Berbeda dengan zaman dulu, kita hidup di zaman yang menuntut agar kita serbabisa serta memiliki skill dan kemampuan yang beragam. Sebenarnya, saat memiliki skill di atas, kita tak hanya menguntungkan calon perusahaan kita, namun demi kebaikan diri kita sendiri, lho. Ayo selalu melatih diri!

Sumber: IDN Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *