Rekomendasi Jurusan – Astronomi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik baru Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Astronomi.

Ilmu Astronomiadalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, mempelajari kosmologi, struktur, sifat fisik evolusi alam semesta dan isinya. Program studi ini dibagi menjadi tiga kehalian yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, dan yang terakhir adalah Kosmologi.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Ilmu perbintangan memang sangat menarik sebab mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi. Apalagi dengan perkembangan teknologi dan kegiatan eksplorasi luar angkasa yang telah banyak dilakukan oleh ilmuwan maupun businessman seperti Elon Musk. Siapa tahu, dengan mempelajari Ilmu Astronomi, kamu bisa menjadi peneliti ruang angkasa yang menemukan planet, benda langit, maupun kehidupan lain di luar kehidupan yang kita kenal di bumi. Menarik banget ‘kan?

Di Asia Tenggara sendiri, khususunya di Indonesia hanya ada satu kampus yang membuka jurusan Astronomi, yaitu ITB. Dan juga karena belum terlalu populer bagi kamu yang berencana ikut SNMPTN dan SBMPTN saya rekomendasikan pilih jurusan ini karena persainganya yang tidak begitu ketat. – Baca juga: Lima Rekomendasi Jurusan untuk Lulusan IPA

Prospek Kerja

Meski ilmu yang dipelajari pada program studi Astronomi tampak spesifik, namun nyatanya seorang lulusan Astronomi memiliki prospek kerja yang luas. Dilansir dari rencanamu.id prospek kerja yang paling utama dari lulusan Astronomi adalah menjadi seorang Astronom, bekerja di Observatorium maupun lembaga-lembaga antariksa seperti LAPAN. Namun, disamping itu lulusan program studi Astronomi yang juga mempelajari fisika, matematika, dan bahkan programming dapat terjun ke banyak industri seperti industri Teknologi.

 

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Astronomi. Untuk tulisan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi.

 

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.