Psikologi Warna

Psikologi warna merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengaruh warna terhadap suasana hati, perasaan, emosi, dan perilaku manusia.
Perlu diingat bahwa pengaruh warna terhadap psikologi setiap orang berbeda-beda. Karena hal itu dipengaruhi oleh faktor lain seperti usia, jenis kelamin, pengalaman, selera, ataupun budaya masing-masing.

Merah
Warna ini sering di simbolkan sebagai bentuk Semangat, Keberanian, Kekuatan, Kegembiraan, Hasrat dan Gairah. Warna ini juga sering berjalan seiringan dengan sifat Koleris manusia.

Kuning
Di simbolkan sebagai bentuk Antusiasme, Optimisme, Kecerian, Spontanitas dan Kebahagian (janur kuning bukan bendera kuning, joke a side), Warna ini juga sering berjalan seiringan dengan sifat Sanguinis manusia. Btw, warna ini sering di gunakan untuk relaksasi.

Biru
Warna ini melambangkan rasa Jujur, Setia, dan Kepercayaan. Warna ini juga menciptakan kesan menenangkan. Warna ini juga sering di identikan dengan sifat Melankolis manusia

Hijau
Warna yang menunjukan suatu Keseimbangan dan Kestabilan, Santai dan Segar. Warna ini juga sering berjalan seiringan dengan sifat Plegmetis manusia.

Hitam
Melambabng suatu Kepastian, Absolut, Elegan dan Kontrol. Warna ini benar-benar menggambarkan suatu otoritas yang mutlak. Warna ini juga sering berjalan seiringan dengan sifat Melakolis manusia. Walaupun sedikit diluar dugaan warna ini identik denagn sifat Melankolis manusia.

Putih
Warna suci, melambangkan suatu kebebasan yang utuh, keterbukaan dan Bersih. Warna ini memberikan kesan terang. Warna ini juga sering berjalan seiringan dengan sifat Melankolis manusia.

Jadi, warna favoritmu apa?

Best Regards,

Mahasiswa UT

#NB#

Bagi yang suka tulisan seperti ini bisa baca artikel lainnya di sini…

Leave a Reply

Your email address will not be published.