Prospek Kerja Lulusan Manajemen Sumberdaya Lahan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Ilmu Tanah (Manajemen Sumberdaya Lahan)

Ilmu Tanah merupakan bagian dari ilmu kebumian (earth science). Program studi ini juga disebut dengan nama Manajemen Sumberdaya Lahan. Program studi ini memegang peranan yang sangat penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development), serta berbagai usaha di masa yang akan datang yang berkaitan dengan tanah.

Beberapa contoh bidang yang memerlukan keahlian ilmu tanah adalah pertanian, perkebunan, kehutanan, tata guna lahan, perencanaaan dan pengembangan wilayah, konservasi tanah, rehabilitasi lahan perikanan, pertambangan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mahasiswa akan dididik menjadi sarjana yang handal, berkemampuan sebagai praktisi, peneliti dan pengambil kebijakan yang berkaitan dengan pertanian, khususnya sumberdaya lahan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ilmu Tanah (Manajemen Sumberdaya Lahan)

Tanah merupakan sumber daya alam yang krusial sebagai penyusun lahan yang sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup organisme, misalnya tumbuh-tumbuhan. Oleh sebab itu, diperlukan pengelolaan tanah yang tepat sehingga dapat memperoleh hasil dari penanaman yang optimal.

Di samping itu, tanah perlu dijaga kelestariannya, namun proses reklamasi lahan dan konservasi tanah yang sudah rusak membutuhkan waktu yang sangat lama.

Maka dari itu, program studi ini hadir untuk mempelajari mengenai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan tanah dari sudut pandang berbeda sehingga kita dapat mengelola tanah secara berkelanjutan.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Kepolisian

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Ilmu Tanah (Manajemen Sumberdaya Lahan) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Kimia, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah (Manajemen Sumberdaya Lahan)

Lulusan program studi ini dapat bekerja di berbagai lembaga dan instansi, seperti Kementerian Pertanian RI, Kehutanan dan Perkebunan RI, Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum (khususnya Direktorat Jenderal Pengairan), pemerintah daerah, perusahaan swasta agrokompleks, perusahaan swasta non-agrokompleks, lembaga pengawasan, dosen dan tenaga pengajar, Kementerian Riset dan Teknologi, LIPI, BPPT dan Badan Informasi Geografi.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini Semoga tulisa Prospek Kerja Lulusan Manajemen Sumberdaya Lahan dapat memeberikan gambaran pekerjaan apa yang dapat di ambil bagi alumninya

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *