Prospek Kerja Manajemen Keuangan Syariah

Mahasiswa UT, Prospek Kerja Manajemen Keuangan Syariah – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Manajemen keuangan Syariah adalah sebuah kegiatan manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaiannya pada prinsip prinsip Syariah dalam agama Islam. Program studi ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan wawasan tentang manajemen keuangan yang berbasis syariah.

Secara umum, hal yang akan dipelajari di prodi ini meliputi: analisa, perencanaan keuangan, resiko pada perusahaan/lembaga dan pembiayaan pada lembaga keuangan yang menggunakan prinsip syariah, bahasan tentang keputusan investasi dan alternatif pendanaan jangka panjang, manajemen modal kerja serta beberapa topik-topik keuangan terkini.

Ada beberapa kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan Manajemen Keuangan Syariah. Beberapa contohnya adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa perguruan tinggi swasta yang menawarkan jurusan ini.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Pada Jurusan Manajemen Keuangan Syariah mahasiswa akan mempelajari berbagai materi yang berhubungan dengan prinsip-prinsip keuangan dalam perspektif syariah. Beberapa materi yang mungkin diajarkan meliputi:

  • Ilmu Ekonomi Islam: Materi ini mencakup prinsip-prinsip ekonomi dalam perspektif syariah, seperti zakat, infaq, dan sistem pembiayaan syariah.
  • Akuntansi Syariah: Materi ini mencakup peraturan dan standar akuntansi syariah yang berlaku, serta bagaimana aplikasinya dalam perusahaan yang menganut syariah.
  • Perbankan Syariah: Materi ini mencakup prinsip-prinsip perbankan syariah dan bagaimana produk-produk perbankan syariah diterapkan dalam praktik.
  • Pasar Modal Syariah: Materi ini mencakup prinsip-prinsip pasar modal syariah dan bagaimana produk-produk pasar modal syariah diterapkan dalam praktik.
  • Manajemen Keuangan Syariah: Materi ini mencakup prinsip-prinsip manajemen keuangan dalam perspektif syariah dan bagaimana diterapkan dalam perusahaan yang menganut syariah.
  • Prinsip-prinsip perdagangan syariah dan bagaimana diterapkan dalam perusahaan yang menganut syariah
Baca juga:   Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Secara umum, jurusan Manajemen Keuangan Syariah mencakup teori dan aplikasi dari prinsip-prinsip keuangan dalam perspektif syariah dan aplikasinya dalam kegiatan bisnis.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Di program studi ini kamu tidak hanya mendapatkan ilmu manajemen keuangan, tapi juga mempelajari syariat-syariat Islam. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk kamu, mengingat saat ini lembaga-lembaga keuangan berbasis syariah tengah banyak bermunculan di Indonesia.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Manajemen Keuangan Syariah cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

Peluang kerja lulusan Manajemen Keuangan Syariah sangat luas. Kamu bisa menjadi profesional di lembaga bisnis syariah dan ahli ekonomi syariah. Bidang ekonomi dan bisnis syariah yang kian berkembang membuka peluang bagi para lulusan ini dalam memasuki dunia kerja. Mentalitas dan keahlian akan perekonomian syariah dari lulusan prodi ini menjadi keunggulan untuk mengelola bisnis syariah.

Lulusan program studi Manajemen Keuangan Syariah dapat bekerja di bank-bank berbasis syariah, lembaga keuangan negara, BUMN, hingga akademisi di bidang perekonomian syariah.

Beberapa contoh posisi kerja yang mungkin dapat ditempati oleh lulusan jurusan Manajemen Keuangan Syariah diantaranya:

  • Analis Keuangan Syariah: Melakukan analisis terhadap produk dan jasa keuangan syariah serta memberikan rekomendasi.
  • Bankir Syariah: Memberikan layanan perbankan syariah kepada nasabah serta mengelola dana dari nasabah yang diterima dengan cara yang sesuai dengan prinsip syariah.
  • Manajer Investasi Syariah: Mengelola dana yang diterima dari nasabah dengan cara yang sesuai dengan prinsip syariah.
  • Akuntan Syariah: Memastikan bahwa perusahaan atau lembaga mengikuti standar akuntansi syariah yang berlaku.
  • Konsultan Keuangan Syariah: Memberikan layanan konsultasi keuangan syariah kepada perusahaan atau lembaga yang ingin menganut sistem keuangan syariah.
Baca juga:   Jurusan Transportasi Laut

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Keuangan Syariah. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *