Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Mahasiswa UT, Prospek Kerja Jurusan Arkeologi – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Arkeologi

Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari pendekatan sejarah dengan meneliti sumber-sumber primer seperti budaya material dan kondisi lingkungan dari peradaban sebelumnya. Arkeologi bisa berdiri sebagai jurusan sendiri yaitu sempalan dari jurusan Sejarah, bisa juga menjadi salah satu konsentrasi dari Antropologi.

Arkeologi akan menuntun kita untuk memperoleh pemahaman tentang sejarah, terutama peradaban kuno di mana masyarakat masih belum mengenal huruf dan angka, sehingga catatan mengenai masa itu masih terbatas.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Arkeologi

Kamu tahu profesi Indiana Jones? Dia adalah seorang arkeolog yang bertualang mencari artefak-artefak kuno yang mempunyai nilai sejarah. Memang sih, dia adalah tokoh fiksi. Tapi profesi mencari artefak di situs kuno itu benar-benar ada.

Kalau kamu memiliki minat yang besar untuk mengulik sejarah dan menyingkap ‘cerita’ yang tersimpan di balik berbagai artefak yang terkubur ribuan tahun lamanya di bawah lapisan tanah, mungkin program studi ini adalah pilihan yang tepat untukmu!

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Arkeologi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Sejarah, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Profesi Arkeolog memang tidak populer. Jikapun ada, biasanya sudah diisi oleh para arkeolog senior atau arkeolog lulusan universitas luar negeri yang lebih dikenal. Meski begitu, lulusan program studi Arkeologi dapat tetap bekerja sebagai: Arkeolog di instansi pemerintah seperti Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Pusat Perawatan Arsip, peneliti di badan-badan penelitian seperti LIPI atau Arkeologi Nasional (ARKENAS), jurnalis, hingga pegawai museum.

Baca juga:   Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Arkeologi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *