Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Mahasiswa UT, Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Sektor Publik – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Program studi Akuntansi Sektor Publik mengajarkan ilmu akuntansi dalam ruang lingkup organisasi sektor publik. Sektor publik yang dimaksud antara lain seperti organisasi pemerintahan pusat dan daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), rumah sakit, dan pendidikan. Tentunya proses pengumpulan, pencatatan, pengklasifikasian dan analisis laporan transaksi keuangan untuk organisasi sektor publik berbeda dengan yang di lakukan pada sektor swasta, karena negara, khususnya lembaga pemerintah memiliki standar akuntansi tersendiri.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Pada akuntansi sektor publik, perihal pertanggungjawaban atas dari mana dan untuk apa sumber dana organisasi sangat ditekankan. Karenanya sangat dibutuhkan orang-orang yang berkompeten, jujur, dan penuh tanggungjawab dalam pelaksanaannya. Jika kamu memiliki nilai-nilai tersebut dalam dirimu, dan tertarik untuk mendalami ilmu akuntansi lebih fokus, program studi ini akan cocok buat kamu.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Akuntansi Sektor Publik cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Lulusan program studi Akuntansi Sektor Publik akan diarahkan untuk berkarir di sektor publik, yaitu pada kantor-kantor pemerintah sebagai PNS maupun Non-PNS. Profesi yang digeluti oleh lulusan Akuntansi Sektor Publik pastinya adalah sebagai staf akuntan sektor publik, Auditor Sektor Publik, Manajemen pengadaan barang/jasa pemerintah, dan Staf Pajak Departemen Akuntansi Sektor Publik. Namun tidak terbatas pula bagi lulusannya untuk menyeberang ke sektor swasta, karena pada dasarnya lulusan prodi ini memiliki kompetensi di bidang akuntansi yang juga akan dibutuhkan di sektor swasta.

Baca juga:   Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *