Prof. Ojat Darojat Kembali Terpilih Jadi Rektor UT 2021-2025

Mahasiswa UT – Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Terbuka (UT) periode 2021-2025. Prof. Ojat Darojat sebelumnya telah menjabat rektor UT empat tahun sebelumnya.

Hal itu sesuai hasil penyesuaian jadwal rapat senat tertutup pemilihan rektor UT pada Rabu (14/7/2021). Total suara dimana 17 suara menteri (kuasa menteri) dan jumlah anggota senat 31 suara.

Dari total 48 suara yang ikut pemilihan, hasil penghitungan dan sudah ditetapkan dalam berita acara pemilihan urutan suara, calon rektor incumbent Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D dengan perolehan suara 44 suara. Urutan kedua Prof. Drs. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D dengan perolehan 4 suara. Sementara Dr. Maman Rumanta, M.Si 0.

Rektor terpilih Prof. Ojat Darojat  bertekad mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan program kuliah bagi seluruh anak bangsa.

Menurut Prof. Ojat Darojat, ada dua program utama yang akan dilakukannya hingga 4 tahun ke depan. Pertama menjadikan UT menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

“Kedua adalah melakukan reformasi sistem perkualahan di UT agar bisa bersaing dengan perguruan tinggi negeri lain,” ujar Prof. Ojat.

Prof. Ojat menyatakan bahwa daya jangkau UT yang luas harus mampu meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi. Dia bertekat agar mahasiswa lulusan SLTA itu punya kesempatan melanjutkan ke UT.

“Mereka itu banyak yang tidak melanjutkan karena dua hal yakni kendala ekonomi dan kendala geografi. UT juga melakukan layanan belajar ynag fleksibel, luas dan lulusan SLTA itu bisa masuk UT dan belajar dimana pun dan kapan pun,” katanya.

Prof. Ojat berharap kedepan angka partisipasi kasar Perguruan Tinggi naik dari 35% menjadi 75%. Menurutnya para generasi muda itu harus diberikan kesempatan kuliah secara gratis.

Baca juga:   Cara Daftar TAP dan Karil di UT (Universitas Terbuka)

“Dan menurut saya bisa melalui UT, itu sangat bisa, sangat memungkinkan karena melalui kuliah jarak jauh pemerintah bisa membiayai biaya operasional UT dengan uang yan tidak terlalu besar,” katanya.

Saat ini, UT memiliki 39 kantor cabang dan 1 di luar negeri. Dengan banyak cabang yang akan menjadi tangan tangan UT masuk ke pelosok tanah air, kepulau-pulau terpencil hingga daerah-daerah pegunungan.

Sumber: Prof. Ojat Darojat Kembali Terpilih Jadi Rektor UT 2021-2025

link https://monitorindonesia.com/headline/prof-ojat-darojat-terpilih-rektor-ut/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *