Poin Penting yang Harus di Pahami dari Beasiswa LPDD Reguler 2022 untuk S2 dan S3

Mahasiswa UT, Poin Penting yang Harus di Pahami dari Beasiswa LPDD Reguler 2022 untuk S2 dan S3 – Pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 masih dibuka hingga 5 Agustus 2022 mendatang. Setidaknya, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh calon pendaftar.

Salah satu jenis beasiswa yang dibuka adalah program reguler. Program ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang akan melanjutkan ke jenjang S2 dan S3 baik dalam maupun luar negeri.

Poin Penting Pendaftaran Beasiswa LPDP Reguler 2022

Melansir situs LPDP Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rabu (20/7/2022), dalam program reguler ini, pendaftar dapat mengambil beasiswa magister, beasiswa doktor, atau dari D4/S1 langsung doktor. Berikut ketentuannya:

  1. Bagi pendaftar dari D4/S1 langsung doktor wajib memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuan dan memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa doktor (S3).
  2. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  3. Beasiswa LPDP reguler ini diperuntukkan bagi pendaftar yang tidak sedang menempuh studi (on going) program magister untuk tujuan program magister ataupun doktor untuk tujuan program doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  5. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
  6. Pendaftar beasiswa ini wajib memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  7. Beasiswa LPDP hanya tersedia untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, kelas jarak jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri, kelas yang diselenggarakan lebih dari satu negara perguruan tinggi, atau kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.
  8. Pendaftar harus bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran sesuai dengan format yang telah disediakan oleh LPDP. Pendaftar beasiswa ini juga tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  9. Pendaftar wajib mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online, menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia. Bagi pendaftar program pendidikan doktor harus menulis proposal penelitian. Pendaftar dapat menuliskan riwayat dan tautan publikasi ilmiah apabila ada.
  10. Pendaftar harus memenuhi batas usia yang telah ditetapkan oleh LPDP. Untuk jenjang S2 maksimal berusia 35 tahun dan jenjang S3 maksimal 40 tahun. Batas usia ini dihitung per tahun pendaftaran pada 31 Desember.

Selain sepuluh poin di atas, pendaftar beasiswa LPDP wajib untuk memenuhi syarat khusus pendaftaran beasiswa. Mulai dari ketentuan IPK, skor kemampuan bahasa, hingga melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau tokoh akademisi.

Sejumlah poin penting tersebut tercantum dalam buku panduan atau booklet beasiswa LPDP Reguler 2022.

Komponen Pendanaan Beasiswa LPDP Reguler 2022

LPDP memberikan pendanaan penuh untuk mahasiswa yang mengambil program reguler. Mulai dari biaya pendidikan hingga biaya pendukung. Berikut selengkapnya:

Biaya Pendidikan

  • Biaya Pendaftaran
  • Biaya SPP/Tuition Fee
  • Tunjangan Buku
  • Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  • Biaya Seminar Internasional
  • Biaya Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung

  • Transportasi
  • Aplikasi Visa/Residence Permit
  • Asuransi Kesehatan
  • Biaya Hidup Bulanan
  • Biaya Kedatangan
  • Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
  • Tunjangan keluarga (khusus Doktor

Bagi kamu yang tertarik mendaftar beasiswa LPDP reguler 2022, dapat melakukan pendaftaran secara daring melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.