Pendaftaran STIS 2022 Dibuka: Syarat, Kuota dan Biaya Tes Masuk

Mahasiswa UT, Pendaftaran STIS 2022 Dibuka: Syarat, Kuota dan Biaya Tes Masuk – Buat kamu yang menantikan pendaftaran STIS 2022/2023, ada kabar baik! Penerimaan calon mahasiswa baru ikatan dinas Politeknik Statistik (STIS)-Badan Pusat Statistik (BPS) resmi dibuka sehingga calon pelamar yang berminat bisa melakukan pendaftaran sesegera mungkin.

Jadwal pendaftarannya sendiri berlangsung mulai 9 April-30 April 2022 mendatang. Nah, untuk informasi lengkap seputar syarat, formasi, hingga biaya tes masuknya mari simak pada ulasan di bawah ini.

Syarat Pendaftaran STIS 2022

Sama halnya dengan lembaga lain, untuk bisa masuk ke dalam bagian STIS, kamu juga harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Berikut ini beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui:

  • Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;
  • Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;
  • Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika;
  • Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;
  • Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2022;
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  • Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  • Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai pilihan formasi provinsi pada saat pendaftaran di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;
  • Tidak akan mengajukan pindah antar unit kerja Eselon II di lingkungan BPS maupun pindah instansi dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak terhitung mulai tanggal PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.
Baca juga:   Lulusan UT Bukan Kaleng-kaleng

Itulah ketentuan mengenai persyaratan umum dalam pendaftaran STIS 2022, yang juga berlaku sebagai ketentuan syarat masuk STIS 2022 untuk wanita. Selain itu, ada syarat masuk STIS 2022 khusus untuk Program Afirmasi, yakni:

  • Program afirmasi ditujukan untuk Orang Asli Papua yaitu orang yang berasal dari Rumpun Ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua/Papua Barat dan atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua dibuktikan dengan Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat.

 

Kuota dan formasi STIS 2022

Kuota penerimaan STIS ditetapkan berdasarkan formasi STIS 2022 sesuai Pengumuman Kepala Badan Pusat Statistik Nomor: B-224/02000/HM.240/04/2022. Disebutkan bahwa Politeknik Statistika STIS–BPS akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 500 orang, termasuk 10 orang program afirmasi wilayah khusus (Papua dan Papua Barat). Berikut rincian kuota dan formasi STIS 2022:

  • Program Studi Statistika Program Diploma III (100 mahasiswa)
  • Program Studi Statistika Program Diploma IV (250 mahasiswa)
  • Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa)

Nantinya, lulusan Politeknik Statistika STIS akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di BPS seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat kabupaten/kota. Lulusan Program Studi Statistika Program Diploma III akan diangkat sebagai Statistisi Terampil dengan golongan II/c.

Sedangkan lulusan Program Studi Statistika Program Diploma IV diangkat sebagai Statistisi Ahli Pertama dengan golongan III/a. Adapun lulusan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV diangkat sebagai Pranata Komputer Ahli Pertama dengan golongan III/a.

 

Biaya tes masuk STIS 2022

Biaya pendaftaran STIS 2022 ditetapkan sebesar Rp300 ribu sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Baca juga:   Mengenal dan Mahamami Tes Intelegensi Umum

Hal ini diterapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Namun, perlu diketahui bahwa biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Itulah informasi seputar pendaftaran STIS 2022, khususnya terkait syarat masuk STIS 2022, kuota STIS 2022, dan biaya tes masuk STIS 2022. Siap mengikuti pendaftarannya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *