Parafrase Jurnal Publikasi SINTA

Mahasiswa UT, Parafrase Jurnal Publikasi SINTA – Jurnal publikasi merupakan sekumpulan karya tulis ilmiah, riset dan teknologi dengan sistematika (prosedur) publikasi oleh lembaga, badan maupun instansi publikasi yang resmi dan mendapat pengakuan kalangan akademik. Publikasi jurnal wajib dilaksanakan oleh Dosen dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi, maupun oleh mahasiswa sebagai syarat menempuh perkuliahan maupun syarat kelulusan.

Kegiatan ini adalah bentuk pengaplikasian Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), No. 17 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 92 Tahun 2014, kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi di bidangnya.

Kebijakan ini memberikan suatu arahan agar publikasi ilmiah jabatan fungsional Dosen di Indonesia untuk terus ditingkatkan. Adapun tujuan dari jurnal publikasi ini adalah mensosialisasikan hasil temuan dari penelitian atau kajian berdasarkan evidence di lapangan baik pada tingkat lokal, nasional, regional dan internasional. Adapun yang di maksud evidence di sini adalah bukti, kebenaran, fakta serta data yang dapat di pertanggung jawabkan.

Jurnal publikasi ini bertujuan agar hasil kajian dan penelitian ini dapat dengan mudah diakses dan dijadikan bahan atau sumber referensi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Dimana hasil kajian dan penelitian ini sebelumnya sulit untuk diperoleh/diakses/dijangkau oleh masyarakat luas dikarenakan hasil kajian dan penelitian para peneliti, dosen dan mahasiswa ini tidak dipublikasikan secara luas.

 

Jurnal Publikasi Ilmiah

Jurnal publikasi ilmiah adalah suatu sistem publikasi jurnal yang dilakukan berdasarkan peer review dalam rangka untuk mencapai tingkat obyektivitas setinggi mungkin. “Sistem” ini, bervariasi tergantung bidang masing-masing, dan selalu berubah, meskipun seringkali secara perlahan. Sebagian besar karya akademis ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau dalam bentuk buku.

Jurnal publikasi ilmiah pada saat ini sedang mengalami perubahan yang besar, yang muncul sebagai akibat dari perubahan format penerbitan cetak ke menjadi format elektronik, yang memiliki model bisnis berbeda dengan pola sebelumnya.

Hal yang yang tengah berlangsung saat ini adalah akses terhadap jurnal ilmiah dalam format elektronik disediakan secara terbuka. Hal ini berarti semakin banyak publikasi ilmiah yang dapat diakses secara gratis melalui internet, baik yang disediakan oleh pihak penerbit jurnal, maupun yang disediakan oleh para penulis artikel jurnal itu sendiri.

Salah satu contoh publikasi jurnal ilmiah yang kualitasnya diakui secara internasional adalah Jurnal SCOPUS. Jurnal SCOPUS adalah jurnal publikasi ilmiah dibawah naungan Elsevier, yaitu sebuah organisasi perusahaan yang menerbitkan dan mempublikasikan berbagai jurnal ilmiah internasional, dan saat ini memiliki basis di Amsterdam Belanda, Scopus telah berdiri sejak tahun 1880 silam.

Indonesia sendiri memiliki suatu publikasi jurnal ilmiah tersendiri yang menjadi stardar nasional dalam publikasi jurnal, yaitu SINTA atau Science and Technology Index merupakan publikasi jurnal ilmiah berbasis web yang dibangun untuk mengukur kinerja peneliti, institusi, dan jurnal ilmiah yang dipublikasikan di Indonesia.

 

Jurnal Publikasi SINTA

Dikuti dari di laman Ristekdikti, bahwa SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal Jurnal publikasi ilmiah yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Berbeda dengan sistem yang sudah ada sebelumnya, seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesia Science and Technology Index (InaSTI) dan Indonesian Publication Index (IPI). Jurnal Publikasi SINTA sudah mengarah ke portal Jurnal publikasi ilmiah internasioal seperti SCOPUS. Karena telah SINTA telang dilengkapi denganĀ  fitur Citation, Networking, Research Output dan Score.

  • Pada bagian Citation akan menampilkan h-index jurnal dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus.
  • Sedangkan pada fitur networking, kita dapat mengetahui networking dengan peneliti lain yang pernah mengadakan kerjasama dengan kita.
  • Research Output berisi list karya kita yang telah di publikasikan. Seperti, artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang telah Anda hasilkan.
  • Sedangkan pada bagian Score, kita dapat melihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

Keunggulan utama SINTA dibandingkan dengan publikasi jurnal ilmiah lain adalah SINTA secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks pada publikasi jurnal ilmiah lain seperti Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI)

Parafrase dan Cek Turnitin Jurnal Ilmiah

Salah satu syarat dalam mempublikasikan jurnal ilmiah pada portal manapun adalah karya tersebut harus original dan bukan hasil plagiasi karya orang lain. Aplikasi yang biasa di jadikan patokan dalam menentukan nilai plagiarisme suatu karya tulis adalah Turnitin.

Salah satu cara cek Turnitin adalah membuat akun pelajar di Turnitin atau menggunakan jasa cek turnitin yang banyak tersebar dan bila nilai plagiarismenya tinggi kita dapat melakukan teknik paraprase untuk menurunkannya. Salah satu Jasa Parafrase Jurnal Publikasi SINTA yang saya rekomendasikan untuk membatu publikasi jurnal ilmiah anda adalah Jasa Parafrase dan Cek Turnitin dari Khairpedia.

Bila anda tertarik menggunakan Parafrase dan Cek Turnitin Jurnal Ilmiah dari Khairpedia silahkan kontak melalui nomer WhatsApp di 0821-3608-1847

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *