Monash University Akan Hadir di Indonesia

Monash University akan menjadi universitas asing pertama yang buka di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemdikbud) telah memberi lampu hijau bagi Monash University Indonesia untuk mulai beroperasi pada 2021 mendatang.

Rencananya, Monash University Indonesia akan fokus dalam pengembangan riset. Kampus dengan koneksi industri internasional ini akan menawarkan gelar master maupun PhD, serta program eksekutif.

Presiden Monash University Margaret Gardner AC menyatakan, pembukaan kampus bertaraf internasional di Indonesia merupakan bagian dari komitmen Monash dalam pengembangan jaringan riset global. Dari Australia, Monash saat ini telah memiliki fasilitas pengajaran di Italia, Malaysia, Tiongkok, juga India.

Menurutnya, kehadiran Monash di Indonesia akan memberi peluang bagi mahasiswa maupun tenaga pengajar, untuk berkolaborasi melakukan penelitian lintas negara dengan universitas lokal. “Hal ini penting dalam pengembangan ilmu khususnya teknologi digital, infatsruktur, desain, industri kreatif, kewirausahaan hingga kesehatan masyarakat,” kata Profesor Gardner yang juga menjabat Wakil Rektor, seperti yang dikutip dalam laman Monash.edu Senin, (30/11).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pun menyambut baik kehadiran Monash University di Indonesia. “Penguatan sistem pendidikan adalah prioritas bagi Indonesia dan kampus Monash akan mendukung upaya ini,” ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa kedatangan Monas University juga merupakan wujud eratnya kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Australia. Seperti diketahui, perjanjian ekonomi komprehensif antara kedua negara (IA-CEPA) juga menitikberatkan pada kolaboborasi di bidang Pendidikan dan pengembangan riset.


Original artikel by info3sma on Instagram

Baca juga:   Melakukan Registrasi Online Universitas Terbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *