Modul Ajar / RPP PAUD untuk Kurikulum Merdeka Belajar 2022 (+pdf)

Mahasiswa UT, Modul Ajar / RPP PAUD untuk Kurikulum Merdeka Belajar 2022 – Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Bagi para tutor PAUD yang memerlukan panduan atau contoh Modul Ajar dan RPP untuk Kurikulum Merdeka, telah kami siapkan beberapa contoh yang dapat di download dengan format .pdf dan .docx.

  1. Modul Ajar / RPP PAUD #1
  2. Modul Ajar / RPP PAUD #2
  3. Modul Ajar / RPP PAUD #3
  4. Modul Ajar / RPP PAUD #4
  5. Modul Ajar / RPP PAUD #5
  6. Modul Ajar / RPP PAUD #6
  7. Modul Ajar / RPP PAUD #7
  8. Modul Ajar / RPP PAUD #8
  9. Modul Ajar / RPP PAUD #9
  10. Modul Ajar / RPP PAUD #10

Kurikulum Merdeka terbuka untuk digunakan seluruh satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan.

Satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.

Pilihan yang paling sesuai mengacu pada kesiapan satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka semakin efektif jika makin sesuai kebutuhan.

Bagi satuan pendidikan yang memilih menggunakan Kurikulum Merdeka, ada 3 (tiga) pilihan kategori implementasi Kurikulum Merdeka:

  • Kategori Mandiri Belajar: Satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, dengan tetap menggunakan Kurikulum 2013 atau Kurikulum 2013 yang disederhanakan/ Kurikulum Darurat.
  • Kategori Mandiri Berubah: Satuan pendidikan mulai tahun ajaran 2022/2023 akan menerapkan Kurikulum Merdeka, menggunakan perangkat ajar yang disediakan dalam PMM sesuai dengan jenjang satuan pendidikan yaitu perangkat ajar untuk jenjang PAUD, kelas I, kelas IV, kelas VII, atau kelas X.
  • Kategori Mandiri Berbagi: Satuan pendidikan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan melakukan pengembangan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD, kelas I, kelas IV, kelas VII, atau kelas X mulai tahun ajaran 2022/2023.
Baca juga:   Tips Mengerjakan Toefl agar Mendapat Nilai Besar

Perkembangan pendaftaran Kurikulum Merdeka dapat diakses melalui laman: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id.

Semoga koleksi bahan ajar / RPP PAUD Kurikulum Merdeka Belajar dapat membantu pengaplikasian di sekolah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *