Mengenal Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Program studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) adalah program studi yang mempelajari kegiatan yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata.

Di jurusan ini, kamu akan terbiasa untuk membicarakan dan mendiskusikan berbagai topik seperti bagaimana mengatur segala pelayanan bagi para wisatawan mulai dari membuat itinerary sampai dengan budgeting suatu kegiatan wisata.

Kamu juga akan mempelajari hal-hal pendukung lain seperti melakukan penelitian untuk membangun suatu daerah menjadi daerah wisata dan memberdayakan masyarakat sekitar, belajar untuk melestarikan budaya dan menjadikan budaya sebagai daya tarik bagi turis lokal maupun mancanegara, dan sebagainya.

Beberapa kampus yang menyelenggarakan jurusan Usaha Perjalanan Wisata antara lain:

  • Politeknik Negeri Samarinda (POLNES)
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan
  • Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI)
  • Politeknik Negeri Bali (PNB)
  • Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
  • Politeknik Negeri Padang (PNP)

 

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat dipilih oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Wisata Indonesia memiliki banyak peminat dikarenakan Indonesia memiliki alam yang indah, flora dan fauna yang unik dan Indonesia pun memiliki beragam budaya yang dapat dipamerkan.

Baca juga:   Prospek Kerja Lulusan Manajemen Sumberdaya Lahan

Industri pariwisata abad 21 secara lokal dan global pun sudah menjadi Industri yang sustainable dimana jalan-jalan sudah menjadi kebutuhan primer manusia, sehingga dipastikan akan terus berkembang dan selalu membuka peluang kerja di masa yang akan datang.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Usaha Perjalanan Wisata cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Adapun beberapa pelajaran yang akan kamu pelajari disini adalah:

Geografi Pariwisata Indonesia

Kamu perlu banget, nih, gaes, belajar tentang ilmu yang satu ini. Geografi pariwisata adalah cabang dari ilmu geografi yang mengkaji berbagai hal yang terkait dengan aktivitas perjalanan wisata seperti karakteristik destinasi (objek) wisata, aktivitas dan berbagai fasilitas wisata serta aspek lain yang mendukung kegiatan pariwisata di suatu daerah.

Nah, kalau kamu ingin mengembangkan suatu destinasi wisata, kamu perlu banget untuk paham tentang geografi wisata di Indonesia, gaes. Sehingga, kamu bisa tahu, nih, apa yang harus dikembangkan dari destinasi tersebut agar dapat menarik daya tarik dari wisatawan

Akuntansi Perjalanan Wisata

Yah, namanya juga jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Kalau yang namanya usaha, pasti yang digarisbawahi adalah kegiatan untuk komersil, kan? Nah pada mata kuliah yang satu ini, kamu akan mempelajari bagaimana, sih, untuk membuat harga paket wisata. Selain itu, pada mata kuliah yang satu ini, tentu kamu akan belajar menghitung tentang pengambilan keuntungan dari wisata, menghitung biaya pengembangan dan perbai kan dan sebagainya.

Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata

Nah, kamu pun tentu akan membuat itinerary perjalanan, gaes, untuk client-mu. Itinerary, tuh, apa, sih? Itinerary adalah suatu rencana dari segi budget, destinasi tujuan, tempat menginap, menggunakan transportasi apa, berapa lama kamu akan berwisata dan sebagainya. Itinerary bisa dibilang juga sebagai rencana perjalananmu yang cukup detail dan tentunya merupakan suatu hal yang sangat penting. Nah, karena kamu akan belajar tentang usaha perjalanan wisata, kemampuan membuat itinerary juga sangat penting, lho.

Baca juga:   Jurusan Audio Engineering

Tata Operasi dan Dokumen

Sebenarnya ini bukan nama mata kuliah, gaes. Tata operasi dan dokumen hanyalah kategori mata kuliah. Nah, mata kuliah yang masuk ke kategori ini lebih meliputi Tata Operasi Darat, Dokumen Pasasi Domestik, Dokumen Pasasi Internasional, Operasional Perjal anan Wisata dan masih banyak lagi. Hal ini sangat penting karena kamu pastinya akan berhubungan dengan banyak sekali tata operasi dan dokumen-dokumen tentang pariwi sata

Manajemen

Pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata kamu akan mempelajari banyak sekali manajemen-manajemen, misalnya seperti Manajemen Olahraga dan Rekreasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Event, Manajemen Keuangan, dan sebagainya.

Bahasa Asing

Sama halnya seperti jurusan-jurusan lain di bidang hospitality, bahasa asing adalah kemampuan wajib yang dimiliki oleh para mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata. Karena dalam pekerjaannya nanti mereka akan bertemu dengan turis yang berasal dari berbagai penjuru dunia, kamu akan mempelajari lebih dari satu bahasa asing di jurusan ini.

 

Prospek Kerja Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Sebagai negara yang kaya akan keindahan alam, keunikan flora dan fauna, budaya yang plural dan keren, pastinya, Indonesia selalu menarik wisatawan mancanegara maupun lokal dalam jumlah yang besar setiap tahunnya. Nah, maka dari itu, gaes, seorang lulusan jurusan Usaha Perjalanan Wisata sangat dibutuhkan.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai Konsultan Pariwisata, Peneliti Pariwisata, Travel Agent, Pengelola Objek Wisata, Manajer Event, bekerja di industri pariwisata atau menjadi wirausahawan di bidang pariwisata.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *