Mengenal Jurusan Sastra Rusia

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Sastra Rusia

Program Studi Sastra Rusia adalah bagian dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Program studi ini mengajak mahasiswa untuk terampil, komunikatif, dan profesional berbahasa Rusia sesuai standar pemahaman bahasa dan kebudayaan Rusia untuk orang asing. Melalui kemampuan berbahasa Rusia tersebut mahasiswa juga dididik untuk memiliki wawasan dalam bidang kesusastraan dan kebudayaan Rusia.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Sastra Rusia

Kamu pernah membaca cerita-cerita epik karya Leo Tolstoy, Anton Chekov, atau Fyodor Dostoevsky? Mereka adalah para sastrawan Rusia yang karyanya telah mendunia. Jika kamu menyukai karya-karya sastra Rusia, kamu bisa memilih jurusan ini. Selain itu, di program studi ini kamu juga akan dituntut untuk memiliki kemampuan membaca dan menganalisis literatur.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan ini cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Bahasa Asing terutama Rusia, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Kampus dengan Prodi Sastra Rusia

Lulusan Sastra Rusia akan mendapat gelar Sarjana Humaniora (S.Hum). Berikut kampus dengan jurusan Sastra Rusia di Indonesia.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu universitas yang menyediakan jurusan Sastra Rusia. Di UI, sarjana Sastra Rusia diharapkan mampu berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam bahasa Rusia.

Baca juga:   Jurusan Desain Interior

Selain itu, para mahasiswa dapat menganalisis gejala bahasa, budaya, hingga sastra Rusia, serta negara Slavia dan Eropa Timur, yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa dalam program studi ini adalah 144 SKS. Mata kuliah dalam kurikulum jurusan Sastra Rusia meliputi mata kuliah universitas, mata kuliah fakultas, dan mata kuliah jurusan.

Untuk mata kuliah jurusan Sastra Rusia terkonsentrasi pada pengetahuan Rusia yang meliputi aspek kebahasaan, kesusatraan, hingga kebudayaan Rusia.

Universitas Padjajaran

Selain UI, Universitas Padjajaran (Unpad) juga menyediakan jurusan Sastra Rusia. Jurusan Sastra Rusia di Unpad sudah berdiri sejak 1962. Jurusan Sastra Rusia berkomitmen terkait kebenaran serta keprofesionalan dalam bidang bahasa, sastra, hingga budaya Rusia yang diakui secara internasional.

Adapun mata kuliah dalam jurusan Sastra Rusia terdiri dari mata kuliah universitas, mata kuliah fakultas, mata kuliah jurusan, dan mata kuliah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Untuk mata kuliah jurusan Sastra Rusia, terkonsentrasi pada pengetahuan Rusia. Aspek pengetahuan Rusia tersebut meliputi kebahasaan, kebudayaan, hingga kesusatraan Rusia.

Aspek tersebut diklasifikasikan dalam analisis karya sastra, gramatika, kajian budaya serta kewilayahan Rusia, penerjemahan, hingga percakapan. Jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang wajib diselesaikan adalah 144 SKS.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Rusia

Apabila kamu mencari pekerjaan yang hanya mempunyai sangkut paut dengan Bahasa Rusia saja, mungkin akan kesusahan, karena peluangnya sangat sedikit. Meski begitu, sebagai seorang lulusan Sastra Rusia, kamu bisa bekerja sebagai penerjemah, penulis, ahli bahasa, pengajar bahasa asing, hingga bekerja di kedutaan besar Rusia.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik)

Sampai jumpa lagi.

2 thoughts on “Mengenal Jurusan Sastra Rusia

Leave a Reply

Your email address will not be published.