Mengenal Jurusan Data Science

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Data Science

Data Science adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasi data menurut formula statistika serta menggunakan bahasa pemrograman dan tools yang tepat dalam pengolahannya. Saat ini, Data Science umumnya tersedia sebagai peminatan dalam program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika, atau Statistik.

Meskipun tergolong baru, Jurusan Data Science sudah ada di beberapa kampus di Indonesia. Beberapa kampus yang membuka Jurusan Data Science diantaranya yaitu:

  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Nusa Mandiri (UNM)
  • Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
  • Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  • Telkom University (Tel-U)
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS University)
  • Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Data Science

Jika kamu senang menganalisis dan memecahkan masalah, Data Science adalah peminatan yang tepat untuk kamu. Ilmu yang akan kamu dapat di Data Science bersifat multidisipliner, atau nggak hanya berfokus di satu bidang saja.

Nggak cuma belajar Statistik, kamu juga akan diajarkan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk data mining. Selain itu, tentunya nggak hanya ilmu matematika dan pemrograman saja yang dibutuhkan, kemampuan komunikasi yang baik juga perlu untuk bisa menjelaskan hasil pengolahan data yang dilakukan.

Dengan banyaknya perusahaan teknologi digital berbasis data yang berkembang, ilmuwan data semakin dibutuhkan oleh industri.

Baca juga:   Jurusan Teknik Perpipaan

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Data Science cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Data Science

Saat ini, profesi Data Scientist dan Analis Data menjadi profesi yang paling dibutuhkan di berbagai industri.

Melihat fakta bahwa kebutuhan akan Data Scientist semakin meningkat setiap tahunnya, tentunya prospek kerja data science tidak perlu diragukan lagi.

Menurut IBM, kebutuhan ini melonjak hingga 28% dan akan terus berlanjut hingga beberapa tahun mendatang.

US Bureau of Labor Statistics pun melihat pertumbuhan data science yang semakin kuat, hingga memasukkan data science dalam daftar 20 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat, pertumbuhannya diperkirakan mencapai 22% hingga 10 tahun kedepan.

Tidak hanya menjadi pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat, Data Scientist pun masuk dalam daftar 50 pekerjaan terbaik di Amerika tahun 2021 menurut Glassdoor.

Dalam daftar tersebut Data Scientist berada di urutan kedua, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berada di posisi ketiga.

Selama 2021, menurut Glassdoor ada 8.806 lowongan yang terbuka untuk pekerjaan Data Scientist.

Bahkan LinkedIn mencatat sejak 2012 hingga saat ini, pekerjaan data science telah meningkat sebanyak 650%. Di Indonesia sendiri tercatat lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan data science selama beberapa bulan terakhir.

Hal ini menggambarkan betapa kebutuhan akan Data Scientist semakin meningkat dan yang Anda perlukan saat ini adalah bagaimana Anda bisa bersaing dan sesuai dengan kriteria yang perusahaan inginkan.

Berikut beberapa prospek karier untuk lulusan program studi sains data:

  • Data Scientist
    Profesi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan.
  • Data Analyst
    Profesi yang bertanggung jawab untuk meneliti informasi data dan menerjemahkan data tersebut dengan tools analisis data.
  • Data Engineer
    Secara umum, data engineer memiliki tugas untuk membangun sistem infrastruktur, mengatur, dan mengelola proses arsitektur data di sebuah perusahaan. Meliputi pipelinedatabase (basis data), hingga data warehouse.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Data Science. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Baca juga:   Jurusan Manajemen Logistik

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *