Mengenal dan Mahamami Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) pada Tes CPNS

Mahasiswa UT – Menjadi PNS adalah salahsatu cita-cita dari banyak orang di negeri kita. Salah satu alasannya adalah adanya jaminan pensiunan, serta anggapan bahwa menjadi PNS itu kerja enak. Selain itu negara sendiri masih memerlukan abdi negara di berbagai sektor. Maka untuk mengakomodirnya dilaksanakanlah suatu rangkaian tes dan salah satu hal yang di jadikan tes adalah Tes Karakteristik Keperibadian atau TKP. Yuk, kita sama-sama Mengenal dan Mahamami Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

Apa itu Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)?

Tes Karakteristik Pribadi adalah tes yang digunakan untuk melihat karakteristik seseorang, seperti potensi, integritas, cara menyelesaikan suatu permasalahan, kesabaran, dan lainnya. Itu artinya, tes ini menekankan pada uji karakter seseorang berdasarka aspek kognitif dan emosinya.

Jenis Tes Karakteristik Kepribadian

Di beberapa lembaga, perusahaan, atau instansi baik negeri dan swasta selalu menggunakan Tes Karakteristik Kepribadian sebagai salah satu tes untuk menyeleksi calon karyawannya. Namun, jenis tes yang digunakan tidak selalu sama. Karena Tes Karakteristik Kepribadian tebagi kedalam dua jenis, yaitu:

  1. Tes kepribadian grafis adalah tes yang digunakan untuk melihat/menilai kepribadian seseorang melalui gambar, misalnya saja seseorang diberi gambar berupa titik lalu diminta untuk membuat suatu gambar dari titik tersebut. Tes kepribadian grafis yang umum digunakan adalah Tes Wartegg, Tes DAP, Tes Baum Tree, dan Tes HTP.
  2. Tes kepribadian kuesioner adalah tes yang digunakan untuk melihat/menilai/menganalisis kepribadian seseorang melalui sejumlah soal. Nah, jawaban-jawaban yang terpilih itulah nantinya bisa digunakan sebagai penilaian.
Baca juga:   Universitas Terbuka Dorong Mahasiswa Ikut Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Apa Itu TKP CPNS?

Bagi sebagian orang, mungkin sudah tidak asing saat menghadapi tes ini karena memang selalu ada di setiap seleksi CPNS. TKP CPNS sendiri termasuk tes kepribadian kuesioner karena berisi soal berdasar studi kasus bidang terkait.

Mengenal dan Mahamami Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)
Setiap soal terdiri atas lima jawaban berbentuk pilihan ganda atau PG. Yang menjadi perbedaan adalah tidak ada jawaban benar dan salah karena setiap jawaban memiliki skor masing-masing, dengan skor tertinggi 5 hingga terendah 1. Itulah mengapa jawaban yang kita anggap benarpun belum tentu memiliki skor maksimal.

Oleh sebab itu, kita harus benar-benar teliti ketika menganalisis soal studi kasus tersebut agar bisa mendapatkan skor maksimal. Semakin banyak skor tinggi yang di dapatkan, semakin tinggi nilai TKP yang terakumulasi. Sehingga, peluang lolos passing grade semakin besar.

Fungsi TKP

Adapun fungsi Tes Karakteristik Kepribadian adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai langkah untuk mengenal kepribadian seseorang.
  2. Sebagai upaya untuk menguji kualitas calon karyawan, mahasiswa, atau pihak-pihak lain terkait.
  3. Sebagai alat untuk mengasah kecepatan dan ketepatan seseorang dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara tepat dalam waktu singkat.
  4. Sebagai upaya untuk mengenali kelebihan dan kelemahan seorang individu, terutama yang akan berkecimpung di dunia kerja.

Materi Tes Karakteristik Kepribadian CPNS (TKP SPNS)

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, materi TKP CPNS meliputi hal-hal berikut.

1. Pelayanan publik
Soal pelayanan publik menekankan pada perilaku yang bisa memberikan kepuasan dan pemenuhan kebutuhan pada orang lain atas tugas dan wewenangnya sebagai ASN.

2. Jejaring kerja
Soal jejaring kerja menekankan pada pembinaan dan hubungan atau kolaborasi antara satu individu dan individu lain secara efektif.

3. Sosial budaya
Soal sosial budaya menekankan pada kemampuan beradaptasi di dalam masyarakat majemuk, berdasar ragam ras, suku, agama, bahasa, dan sebagainya.

Baca juga:   5 Kampus Teknik Terbaik di Jakarta

4. Teknologi informasi dan komunikasi
Soal teknologi informasi dan komunikasi menekankan pada kemampuan penggunaan TIK untuk mendukung dan meningkatkan kinerja secara efektif.

5. Profesionalisme
Soal profesionalisme menekankan pada tanggung jawab seseorang saat mengemban tugas dan jabatan di suatu tempat/instansi.

6. Anti radikalisme
Soal anti radikalisme menguji kemampuan individu tentang pemahaman anti radikalisme, cara menyikapi, bertindak, dan sebagainya.

***

Semoga tulisan kali ini bermanfaat, suksek selalu.

—Mengenal dan Mahamami Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)—

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *