5 Tips Mengajarkan Anak untuk Bersikap Hormat kepada Guru

Mahasiswa UT, 5 Tips Mengajarkan Anak untuk Bersikap Hormat kepada Guru – Membesarkan anak bukan hanya terbatas dengan memenuhi kebutuhan materinya. Namun, anak-anak juga perlu didikan yang baik dari orangtua serta gurunya di sekolah.

Peran guru sudah dia ngga sebagai orangtua pengganti bagi anak di sekolah sehingga penting adanya untuk senantiasa menghormati guru dengan sebaik mungkin. Untuk menanamkan rasa hormat tersebut terhadap guru, orangtua dapat mengajarkan beberapa hal penting berikut ini pada anak.

 

Cara bertutur kata kepada guru

Hal yang pertama adalah mengenai cara bertutur kata pada anak. Tentunya ini termasuk dengan bagaimana anak dapat berkomunikasi dengan guru secara baik tanpa ada kesalahpahaman.

Cara yang satu ini dinilai penting sebab anak memerlukan hal tersebut. Jangan sampai justru anak tumbuh dengan gaya berbicara yang seenaknya pada guru.

 

Gestur tubuh saat berbicara dengan guru

Berkomunikasi dengan guru bukan hanya sebatas tentang bagaimana memilih kata dan mengucap setiap intonasinya. Hal ini juga termasuk ke dalam gestur tubuh yang ditunjukan pada anak.

Gestur tubuh yang ditunjukan tentu semestinya memberikan rasa hormat pada guru. Jangan sampai justru gestur tubuh anak seakan menantang dan terkesan tidak sopan.

 

Fokus dalam belajar

Orangtua tentu berharap agar anak-anaknya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan maksimal. Sayangnya, kadang kala anak tak selalu dapat melakukan hal tersebut dengan benar.

Ada pula momen-momen saat anak justru sulit fokus dan hal ini bisa menimbulkan konflik tersendiri antara anak dan guru. Penting bagi orangtua untuk menjaga mood dan semangat anak dalam belajar sehingga tidak sampai menganggu fokusnya

Baca juga:   Cara Menghafal Perkalian dengan Mudah

 

Tidak menunjukkan ekspresi yang menantang

Ekspresi wajah seseorang juga bisa menggambarkan karakternya. Orangtua tentu ingin anak-anaknya tumbuh dengan karakter yang menyenangkan dan penuh hormat terhadap orang lain.

Hal ini tentu termasuk dengan bagaimana anak memasang ekspresi tertentu saat bertemu guru. Tentunya akan jauh lebih baik apabila anak dapat memahami bahwa ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau dihormati, ekspresinya harus sopan dan tidak terkesan menantang.

 

Menunjukkan rasa hormat dan sopan santun terhadap guru

Ketika bertemu dengan guru, hal terpenting yang harus diingat adalah sopan santun dan rasa hormat. Dua hal ini sangat penting agar anak memahami bahwa cara bersikap dengan guru memang demikian.

Jangan sampai justru anak tak memahami cara bersikap atau berkomunikasi dengan guru. Hal ini mungkim akan membuatnya tak dapat bersikap dengan baik.

 

Tentunya Orangtua dapat mengajarkan banyak hal yang baik pada anak. Hal ini termasuk dengan cara Mengajarkan Anak untuk Bersikap Hormat kepada Guru sehingga dapat anak contoh dengan baik. Penting untuk diajarkan, ya!

Sumber: IDN Times

One thought on “5 Tips Mengajarkan Anak untuk Bersikap Hormat kepada Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *