Media dan Hukum-hukum Dasar Perkembangan ICT (Information Communication Telecomunication)

Mahasiswa UT, Media dan Hukum-hukum Dasar Perkembangan ICT (Information Communication Telecomunication) – Materi berikut merupakan materi belajar/diskusi sesi dua penyelenggaraan TUTON UT, untuk mata kuliah Cyber Media (SKOM 4331).

***

Media sebagai sebuah wadah atau saluran dalam penyampaian pesan, baik dalam bentuk konvensional ataupun bentuk yang sudah berkembang saat ini. Bahasan akan difokuskan pada sejarah terbentuknya media, berbagai upaya untuk mengembangkannya dan akibat yang ditimbulkan internet kepada media konvensional tersebut.

Media komunikasi terdiri dari media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio CB, OHP, dsb. Sementara media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa, misalnya pers (koran, majalah, buku), radio, film, dan televisi.

Setiap media mempunyai target sasaran masing-masing dan penyajian pesannyapun disesuaikan dengan karakteristik media masing-masing. 

Sejak ditemukan sampai saat ini, setiap media mengalami perubahan baik bentuk fisik, jenis tayangan maupun teknologi yang dipakai. Semua disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Media massa yang tercetak, seperti majalah, buku dan koran, selain bertahan dalam bentuk tercetak juga mengalami perubahan dalam bentuk online. Begitu juga dengan media radio, televisi dan film juga mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan teknologi.

Era digital saat ini mengakibatkan perubahan pada media yang ada sebelumnya. Anda dapat menjelaskannya dengan memberi contoh berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menjelaskan adanya surat kabar online, radio streaming, televisi digital, mobile magizinee book, alat perekam modern, media telekomunikasi modern seperti handphone, media sosial, dan lain-lain.

Pada modul 2 ini juga dijelaskan hukum-hukum dasar yang menginspirasi  perkembangan Information & Communication Technologies (ICT).

Baca juga:   Sesat Pikir
Read more... / Baca selengkapnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published.