LPDP Buka Beasiswa untuk S2 dan S3, Berikut Syarat dan Kriterianya

Mahasiswa UT, LPDP Buka Beasiswa untuk S2 dan S3, Berikut Syarat dan Kriterianya – Bagi kamu yang saat ini sedang duduk di bangku perguruan tinggi jenjang S1. Pastinya kamu sangat membutuhkan Beasiswa.

Beasiswa LPDP hadir lagi khusus kamu yang akan melanjutkan pendidikan S2 dan S3.

Namun sebelumnya kamu wajib melengkapi persyaratan dokumen sesuai dengan ketentuan beasiswa LPDP.

Keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti program beasiswa LPDP yaitu berupa biaya pendaftaran, biaya SPP, tunjangan buku, biaya penelitian tesis, biaya seminar internasional dan biaya publikasi jurnal internasional.

Selain biaya untuk pendidikan, penerima beasiswa LPDP juga menerima biaya pendukung seperti, biaya transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaan darurat, dan tunjangan keluarga bagi yang ingin melanjutkan program studi S3.

— Baca juga: Tips Lolos Beasiswa LPDP yang Harus Kamu Ketahui

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, calon pendaftar beasiswa LPDP regular harus melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut.

1. Calon pendaftar harus bersedia menandatangani surat pernyataan.

2. Dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut.

  • -Pendaftar untuk melanjutkan studi S2 wajib memiliki IPK pada studi sebelumnya minimal 3.00 pada skala 4, yang dibuktikan dengan transkip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  • -Pendaftar yang ingin melanjutkan studi S3 wajib memiliki IPK pada studi sebelumnya minimal 3.25 pada skala 4, yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau yang telah dilegalisir.
  • -Bagi lulusan dari universitas luar negeri wajib melampirkan hasil konversi IPK yang dikonversi melalui tautan https://www.scholaro.com/gpa-calculator/ dan dilampirkan bersamaan dengan transkrip nilai.

3.Dokumen sertifikat kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS, PTE Academic, atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut.

  • -Pendaftar yang ingin melanjutkan studi S2 dalam negeri wajib memiliki skor minimal Toefl ITP 500, Toefl iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0.
  • -Untuk melanjutkan studi S2 luar negeri skor minimal Toefl iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5.
  • -Untuk melanjutkan studi S3 dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa inggris Toefl ITP 530, Toefl iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0.
  • -Bagi yang ingin melanjutkan studi S3 luar negeri skor minimal Toefl iBT 94, PTE Academic 65 atau IELTS 7,0.
  • -Sertifikat Toefl ITP yang berlaku harus berasal dari Lembaga resmi penyelenggara tes Toefl ITP di Indonesia.
Baca juga:   Ini Dia 5 Alasan Untuk Mengikuti Beasiswa

4.Surat keterangan menunda memulai studi dari perguruan tinggi tujuan bagi pendaftar yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP.

LoA Unconditional itu sendiri merupakan surat resmi dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa pendaftar telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Adapun isi LoA Unconditional berupa nama lengkap pendaftar, jenjang studi, program studi, durasi studi, dan permulaan studi atau akhir studi.

Sumber: Raih Beasiswa LPDP Khusus S2 Dan S3, Simak Persyaratannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *