Lima Rekomendasi Jurusan untuk Lulusan IPA

Mahasiswa UT – Meski pendaftaran kuliah masih baru berlangsung tahun depan, tetapi memikirkan jurusan atau program studi (prodi) baiknya dilakukan dari sekarang. Kuliah di jurusan yang tepat, sesuai dengan minat dan bakat, akan memberikan kamu banyak keuntungan. Minat akan membuat kamu tetap semangat saat menghadapi perkuliahan sulit, sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mudah mengembangkan ilmu yang didapat. Namun, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan IPA yang masih jarang diminati, tetapi lulusannya banyak dibutuhkan.

Merangkum dari laman Pintek.id, berikut lima rekomendasi jurusan untuk lulusan IPA, yang masih kurang di minati.

Ilmu Kehutanan

Materi yang akan kamu pelajari di jurusan ini berkaitan dengan ekologi, teknologi hasil hutan, serta konservasi hutan. Jurusan ini paling tepat untuk para pencinta alam, terutama yang hobi bertualang di gunung maupun lanskap hutan lainnya. Keindahan gunung, termasuk hutan-hutan di dalamnya, tidak hanya ada untuk dinikmati, tetapi untuk dipelihara dengan baik. Ini akan memungkinkan kamu berkontribusi dalam menangani kerusakan hutan Indonesia yang semakin buruk dari tahun ke tahun.

Lulusan dari jurusan ini dapat menekuni profesi yang berhubungan dengan industri perkayuan, pemetaan hutan, serta pada badan-badan pelestarian dan konservasi alam. Universitas yang menyediakan jurusan ini cukup banyak, seperti IPB, Universitas Lampung, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Tadulako.

Melansir Rencanamu.id, lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil di instansi pemerintahan, seperti di lingkungan Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Pendidikan. Dalam lingkungan Kementerian Pendidikan, lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai dosen perguruan tinggi dan peneliti. Pada sektor swasta, lulusan ini dapat bekerja di bidang pemetaan hutan, industri kehutanan, industri perkayuan, dan badan-badan konservasi hutan.

Baca juga:   Jurusan Hubungan Masyarakat

Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan termasuk dalam jurusan yang jarang diminati tetapi banyak dibutuhkan. Karena, dua pertiga kawasan negeri kita adalah lautan yang potensi perikanannya masih bisa dimaksimalkan. Alasan itulah yang membuat jurusan ini masuk di lima rekomendasi jurusan untuk lulusan IPA.

Di jurusan ini nantinya kita akan belajar cara menerapkan teknologi modern dalam sektor perikanan agar memberikan manfaat yang lebih maksimal. Kamu juga akan mendapatkan materi perkuliahan yang berhubungan dengan bisnis perikanan, manajemen industri, hingga proses setelah panen pada industri perikanan. Itulah sedikit alasan mengapa  jumlah para ahli terkait sektor perikanan belum tercukupi.

Setelah lulus kamu dapat memilih berbagai profesi untuk meniti karier, baik di perusahaan swasta maupun sebagai staf pada instansi pemerintah, seperti Kemenristek maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Oseanografi

Sama seperti jurusan Teknologi Hasil Perikanan, sebagai negara kepulauan yang tengah memperkuat sektor maritim, Indonesia membutuhkan SDM berkualitas dengan kompetensi untuk mencapai tujuan tersebut. Oseanografi adalah bidang studi yang menekuni berbagai aspek yang berhubungan dengan kelautan, seperti organisme laut, geologi di dasar laut, arus samudra, gelombang, dan ekosistem laut.

Keilmuan tersebut berikutnya dapat diterapkan pada berbagai bidang lain yang linear, seperti rekayasa lingkungan, perikanan, dan mitigasi bencana laut. Para lulusan jurusan Oseanografi ini dapat berkecimpung dalam profesi peneliti ruang angkasa dan atmosfer, pengajar, konsultan reservasi lingkungan, dan lain-lain.

Ada dua kampus negeri ternama di Tanah Air yang menawarkan jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip).

Astronomi

Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminat SBMPTN 2020. Alasannya, mungkin karena banyak calon mahasiswa yang belum mengetahui prospek jurusan ini atau juga dianggap terlalu sulit.  Astronomi adalah salah satu ilmu eksakta tertua yang fokusnya mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit. Dibutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika untuk menempuh studi di jurusan Astronomi ini.

Baca juga:   Jurusan Teknik Kardiovaskular

Profesi yang bisaditekuni setelah lulus ialah peneliti berbagai lembaga-lembaga penelitian, semisal Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika , Observatorium Bosscha, atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Hingga saat ini, perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Astronomi hanya ada satu di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan tidak hanya satu-satunya di Indonesia, jurusan tersebut juga yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara.

Fisika

Berbeda dengan jurusan Pendidikan Fisika, bidang fisika murni kurang begitu populer. Di sini kamu akan mempelajari ilmu fisika lebih mendalam dan detail. Prodi atau peminatan yang ditawarkan antara lain Fisika Material, Fisika Nuklir, dan Partikel. Prospek pekerjaan untuk jurusan ini terbilang luas, seperti di perusahaan telekomunikasi dan migas, BMKG, atau LIPI.

Kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Fisika terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Di posisi kedua ada Universitas Indonesia yang menyediakan 6 prodi untuk jurusan ini, termasuk Fisika Medis.

Jadi gimana? tentang lima rekomendasi jurusan untuk lulusan IPA di atas.

Tertarik masuk kesalah satu jurusan tersebut? atau sudah punya fakultas idaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *