Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa dan Implikasinya dalam Kegiatan Orang Dewasa

Mahasiswa UT – Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa dan Implikasinya dalam Kegiatan Orang Dewasa adalah materi dari mata kuliah Pendidikan Orang Dewasa. Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

***

Saudara mahasiswa, selamat bertemu dalam kegiatan tutorial online yang ke dua. Pokok bahasan yang akan kita diskusikan kali ini adalah karakteristik pembelajaran orang dewasa dan implikasinya dalam kegiatan orang dewasa.

Sebagaimana Anda maklumi, program atau kegiatan penyuluhan yang Anda lakukan merupakan salah satu jenis kegiatan yang sudah tentu melibatkan orang dewasa, diantaranya para petani, para nelayan, keluarga nelayan, dsb. Agar supaya program atau kegiatan penyuluhan Anda berhasil dengan baik, maka Anda perlu memahami tentang siapa mereka, bagaimana cara mereka belajar, dan apa yang membedakan cara belajar mereka dengan cara belajar anak-anak. Pengenalan terhadap karakteristik pembelajaran orang dewasa ini akan mempermudah Anda pada saat Anda merancang program penyuluhan yang menjadi tugas Anda.

Untuk itu, pelajari materi di modul 1 matakuliah ini dengan seksama dan ikuti pula tutorial onlinenya. Akhirnya, setelah Anda selesai mengikuti tutorial online dan mempelajari modul terkait, Anda diharapkan dapat :

  • Menjelaskan pengertian pendidikan orang dewasa (POD)
  • Menjelaskan perbedaan orang dewasa dengan anak-anak
  • Menjelaskan implikasi konsep POD dalam kegiatan orang dewasa

Baiklah, apabila kita berbicara tentang orang dewasa, saya yakin Anda semua sudah dapat mendeskripsikan siapa mereka, bagaimana tampilan fisiknya dan seperti apa pada umumnya mereka bertingkah laku. Atau barangkali Anda sendiri dapat mendeskripsikan siapa diri Anda? Bukankah Anda sendiri orang dewasa? Selain perbedaan usia, sekarang coba Anda amati apa saja ciri-ciri orang dewasa yang membedakannya dari anak-anak. Catat hasil pengamatan tersebut dalam buku kerja Anda dan bandingkan dengan paparan berikut.

Baca juga:   Pemandu dalam Pembelajaran Orang Dewasa
Perbedaan karakteristik orang dewasa dan Anak-anak
Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa dan Implikasinya dalam Kegiatan Orang Dewasa

Setelah tahu ciri-ciri orang dewasa yang membedakannya dari anak-anak, selanjutnya mari kita bahas tentang pembelajaran orang dewasa. Lakukan refleksi terhadap pengalaman pembelajaran yang selama ini pernah Anda alami dari mulai TK, SD, SMP, SMA, PT, sampai dengan saat sekarang Anda berada di dunia kerja. Coba bedakan dan temukan perbedaan yang prinsipiil antara pembelajaran orang dewasa dan pembelajaran anak-anak. Tuliskan hasil refleksi Anda tersebut pada buku kerja Anda lalu bandingkan dengan paparan berikut !

Read more... / Baca selengkapnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published.