Kajian Definisi Teknologi Pendidikan Dan Teknologi Kinerja

Mahasiswa UT – Definisi Teknologi Pendidikan Dan Teknologi Kinerja adalah materi dari mata kuliah Teknologi Kinerja. Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Teknoklogi Pebdidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

***

Kajian Definisi Teknologi Pendidikan Dan Teknologi Kinerja

A. Kajian Teknologi Pendidikan

1. Kajian Teknologi

Finn (1960), “Selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup proses, sistem, manajemen, dan mekanisme pantauan, baik manusia itu sendiri atau bukan”.

Simon (1983), “Teknologi sebagai disiplin rasional, dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya mengahadapi alam fisik atau lingkungan melalui penerapan hukum atau aturan ilmiah yang telah ditentukan”.

Saettler mengemukakan bahwa teknologi asal katanya techne, berasal dari bahasa Yunani, yang artinya seni, kerajinan tangan, atau keahlian. Teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai kegiatan khusus, dan sebagai pengetahuan.

Sifat Teknologi

Menurut Sumitro Djojohadikusumo teknologi maju yaitu upaya peningkatan kemampuan nasional di bidang penelitian dan teknologi terkait dengan sumber energi, mineral, nuklir, dan beberapa aspek pokok di bidang teknologi angkasa luar.

Teknologi adaptif adalah teknologi yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di negara maju, harus digarap dan disesuaikan dengan perkembangan masyarakat. Teknologi protektif, yaitu teknologi yang dipersiapkan untuk memelihara, melindungi, dan mengamankan teknologi serta lingkungan hidup bagi masa depan.

Sedangkan menurut Quraish Shihab teknologi merupakan perpanjangan fungsi organ manusia. Teknologi diciptakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Teknologi yang diciptakan manusia tidak memiliki organ tubuh yang dapat melaksanakan tugas tersebut. Maka teknologi jenis ini dapat mengambi alih pekerjaan manusia. Teknologi diciptakan berdasarkan temuan teknologi sebelumnya, atau memperbaiki dan meningkatkan mutu teknologi yang sudah ada agar kemampuannya berlipat ganda.

2. Kajian Teknologi Pendidikan

Menurut Comission on Instructional Technology (1970) Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.

Menurut AECT (1972): Teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengorganasasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.

Menurut AECT (1977): Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.

Baca juga:   Rekomendasi Jurusan - Teknologi Pendidikan

Menurut AECT (2004): Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Jelas, tujuan utamanya masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran (agar efektif, efisien dan menarik/joyfull) dan meningkatkan kinerja.

Read more... / Baca selengkapnya...

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.