Jurusan Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)

Program studi Industri Pertanian atau Agroindustri mempelajari tentang teknologi industri pertanian dengan model pembelajaran berbasis riset. Mahasiswa akan mendalami bidang agroindustri dengan penguasaan kaidah-kaidah penelitian yang bersifat filosofis, aplikatif, dan mandiri.

Pembelajaran dengan dasar penelitian akan menghasilkan mahasiswa yang mampu menciptakan temuan baru dalam agrikultur dengan mengedepankan value inovatif serta dapat membuat karya ilmiah menarik yang layak dipublikasikan.

Mendengar kata ?pertanian? yang terbayang pasti sawah, menanam, mencangkul. Namun pada program studi Teknologi Industri Pertanian menitikberatkan pada proses kegiatan pasca panen.

Artinya pada program studi ini akan dipelajari cara mengolah hasil pertanian agar menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi.

Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini bagi mahasiswanya antara lain: Universitas Brawijaya, Universitas Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran dan beberapa kampus swasta seperti Universitas Mercubuana Yogyakarta

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)

Kalau bicara tentang pertanian, pastinya pelajaran yang kamu pikirkan adalah biologi. Itu memang betul, tapi di program studi ini kamu juga akan mempelajari hasil pertanian dari aspek ekonomi, manajemen, dan entrepreneurship-nya.

Hasil pertanian merupakan salah satu penggerak perekonomian yang utama bagi Indonesia. Hasil pertanian (merangkap hasil laut dan perkebunan) dapat diolah menjadi produk-produk sandang, pangan, dan papan yang berkualitas tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Intelijen

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)

Program studi ini memiliki prospek masa depan yang diarahkan sebagai enabler dan entrepreneur. Lulusan yang memiliki kemampuan penguasaan teknologi dan pengembangannya dalam bidang usaha berbasis industri pertanian akan memberikan nilai lebih.

Tidak hanya itu, lulusan ini sangat menarik minat para perusahaan-perusahaan nasional atau multinasional yang bergerak di bidang agroindustri, pangan, manufaktur, perkebunan, dan pengembangan teknologi.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *