Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Teknologi Hasil Hutan merupakan program studi yang menyajikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengelola dan mengolah hasil hutan kayu dan non-kayu dengan efisien untuk kesejahteraan umat manusia secara luas. Pada program studi ini kita akan mempelajari teknik eksplorasi hasil hutan, dan pengolahan kayu untuk dimanfaatkan menjadi bahan konstruksi, furnitur, pulp kertas, energi biomassa, dan banyak lagi melalui proses pengeringan, pengawetan, serta cara dalam meningkatkan kualitas hasil hutan. Selain ilmu dalam mengolah hasil hutan menjadi produk-produk yang bermanfaaat, di program studi ini juga akan dipelajari ilmu tentang manajemen industri hasil hutan, dan pengelolaan limbah dari industri hasil hutan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Sebagian besar wilayah hutan di Indonesia telah diubah menjadi pemukiman, lahan pertanian dan perkebunan. Hal ini menyebabkan munculnya peluang untuk para generasi muda untuk mencari solusi kreatif dan efektif untuk melestarikan hutan. Oleh sebab itu, pengembangan teknologi hasil hutan dapat memberikan solusi yang dapat dilakukan melalui pengembangan teknologi-teknologi baru yang dapat mengolah hasil hutan kayu dan non kayu menjadi produk yang bernilai tinggi. Program studi ini cocok untuk kamu yang berminat untuk memajukan dan melestarikan bidang perhutanan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknologi Hasil Hutan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Teknik Pesawat Udara

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Hutan merupakan paru-paru bumi yang sangat penting untuk dijaga. Eksploitasi hutan yang berlebihan dan tidak sesuai prosedur telah berakibat kekacauan terhadap keseimbangan alam dan menyebabkan berbagai bencana. Para ahli di bidang Teknologi Hasil Hutan yang kompeten sangat dibutuhkan agar hasil hutan dapat dikelola dengan lebih baik. Para lulusan Teknologi Hasil Hutan memiliki prospek kerja di Departemen Kehutanan, industri pengolahan kayu dan kertas, industri mebel dan bahan konstruksi.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknologi Hasil Hutan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *