Jurusan Teknologi Bioproses

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknologi Bioproses

Program studi Teknologi Bioproses mempelajari tentang pemanfaatan biomassa berupa mikroorganisme beserta produk-produknya untuk proses yang menghasilkan keuntungan dalam skala industri. Bidang keilmuan dari Teknologi Bioproses sendiri merupakan gabungan dari 2 disiplin ilmu, yaitu Bioteknologi dan Teknik Kimia. Ilmu Bioteknologi pada program studi ini mempelajari secara umum sifat-sifat mikroorganisme (bakteri, alga, jamur, virus), sel-sel tumbuhan dan hewan, enzim, serta metode-metode pemanfaatan hayati atau proses pengolahannya. Sementara itu, dari sisi Teknik Kimia, program studi ini mempelajari bagaimana caranya memproduksi suatu produk dari skala laboratorium ke skala massal.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknologi Bioproses

Kalau kamu tertarik dengan pelajaran Biologi dan penasaran bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari maupun industri, program studi ini pastinya bakal menarik banget untukmu. Pada program studi ini, kamu nggak hanya diajak untuk mempelajari teori mengenai mikroorganisme, tumbuhan, dan serba-serbi biologis lainnya, melainkan kamu juga akan mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana mengubah itu semua menjadi sebuah produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknologi Bioproses cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Bioproses

Lulusan Teknologi Bioproses memiliki prospek kerja yang cukup luas. beberapa bidang industri yang dapat dimasuki antara lain: Industri pangan, Industri Biomaterial,, Industri Biomedikal, Industri Energi Industri Vaksin dan obat-obatan, hingga Industri Farmasi.

Baca juga:   Jurusan Teknik Kimia

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *